Sukses

Kenali Potensi Diri, Ini 4 Hobi Baru yang Dapat Anda Coba di Tahun 2021

Berikut ini deretan hobi menarik yang bisa kalian lakukan untuk mengisi lembaran baru di tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang tahun baru tentunya semua orang sudah mulai membuat resolusi yang akan dilakukan pada tahun 2021.

Biasanya banyak orang yang memiliki niat untuk memulai lembaran baru dengan perubahan dari dalam diri. Contohnya saja seperti ingin memiliki tubuh yang ideal, ingin mendapat pasangan baru, atau ingin menyelesaikan resolusi yang belum tercapai di tahun sebelumnya.

Meskipun pandemi Covid-19 belum usai dan tidak bisa pergi liburan bersama teman-teman, ada baiknya hal tersebut jangan membuat Anda merasa sedih yang berlebihan.

Pasalnya, Anda masih bisa memanfaatkan waktu luang di rumah dengan hal-hal yang positif. Anda bisa mengisinya dengan hobi baru yang belum pernah dicoba.

Ya, sesekali Anda harus keluar dari zona nyaman dan mencoba dunia baru. Sebab, hal itu akan menjadi tantangan tersendiri ketika mencobanya. Siapa tahu hobi baru tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan nantinya. Nah, berikut ini deretan hobi yang dapat anda coba untuk mengisi lembaran baru di tahun 2021.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Melukis

Bagi sebagian orang, kegiatan melukis sudah menjadi hobi atau pekerjaan. Namun jika Anda belum pernah mencobanya,maka Anda harus mencoba hobi ini sesekali. Dengan kegiatan ini Anda bisa mengetahui seberapa jauh kreativitas yang dimiliki. Selain itu, melukis juga dapat mengurangi stres dan kecemasan.

Untuk percobaan, Anda dapat menggunakan cat air dan kertas HVS. Kemudian gambarlah sesuai kreativitas Anda. Melansir dari wikihow.com, hal yang pertama kali harus dilakukan yaitu membasahi kuas dengan air bersih. Lalu dilanjutkan dengan membasahi kertas untuk mendapatkan tepian yang lembut.

3 dari 5 halaman

2. Olahraga

Selama pandemi Covid-19 mungkin sudah banyak orang yang memiliki niat untuk mulai berolahraga di rumah. Namun ada juga yang baru menjadi niat dan belum mulai melakukannya. Di tahun 2021 nanti, sebaiknya niat untuk berolahraga di rumah tak boleh terlewatkan. Anda harus menepati janji demi mendapat tubuh yang sehat dan ideal.

Dilansir dari nerdfitness.com, ada 7 tahapan workout yang dapat dilakukan untuk pemula yaitu bodyweight squats 20 kali pengulangan, push-ups 10 kali pengulangan, walking lunges 10 kali per kaki, dumbbell rows 10 kali per tangan, plank 15 detik, dan jumping jacks 30 kali pengulangan. Selamat mencoba!

4 dari 5 halaman

3. Belajar Memasak

Walaupun hampir semua orang memiliki keahlian dasar memasak, tapi tidak banyak yang menekuninya sebagai hobi. Biasanya memasak hanya dilakukan jika butuh saja. Di tahun 2021 nanti, Anda harus mulai coba menekuni kegiatan memasak. Jika Anda menekuninya dan menciptakan rasa yang lezat, hal itu akan menjadi kebanggaan tersendiri.

Hobi memasak ini juga bisa menghasilkan uang sebagai pendapatan tambahan. Anda bisa mulai berbisnis catering maupun dessert. Asalkan memiliki niat dan serius menekuninya, maka keahlian itu akan muncul. Hobi ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan jika dilakukan.

5 dari 5 halaman

4. Membaca

Membaca seharusnya sudah menjadi kebutuhan. Mengingat tingkat literasi masyarakat Indonesia masih berada di urutan rendah, Anda bisa memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku. Jika Anda belum terbiasa dengan membaca dalam waktu yang lama, Anda harus menemukan buku favorit terlebih dahulu.

Melalui buku favorit, secara perlahan mata Anda betah untuk membaca buku lama-lama. Dari situ, nantinya akan muncul buku-buku baru yang ingin dibaca. Kebiasaan membaca sendiri memiliki manfaat yang baik untuk otak seperti dapat melatih cara berpikir, menambah kosakata baru, dan melatih berbicara yang baik dan benar.

 

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.