Sukses

Kisah Perjuangan Shifa Adelia, Calon Pilot Cantik yang Berhasil Selesaikan 230 Jam Penerbangan

Seorang gadis bagikan momen dirinya selesaikan 230 jam penerbangan menjadi viral di media sosial.

Liputan6.com, Malaysia - Setiap individu tentu memiliki cita-cita semasa kecil. Namun, seiring bertambahnya usia kita akan merasakan perubahan. Kita akan merasa cita-cita semasa kecil sulit bahkan mustahil untuk dicapai.

Namun, berbeda dengan wanita asal Malaysia ini. Gadis bernama Shifa Adelia Mumtaz bercita-cita ingin menjadi seorang pilot mengikuti jejak ayahnya. Ia memiliki minat dan keinginan yang kuat dalam dunia penerbangan sehingga gender bukanlah halangan baginya.

Gadis berusia 20 tahun itu kini sedang dalam proses mengambil lisensi penerbangan komersial di Florida Fylers Fight Academy, St Augustine, Florida, Amerika Serikat (AS).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat ragu dan takut karena pilihannya

Gadis yang akrab disapa---Shifa ini percaya bahwa siapa pun boleh mengejar impiannya asalkan memiliki minat dan kesungguhan untuk mencapainya, meski terhambat dengan gender sekalipun.

"Di sekolah penerbangan ini pun mayoritas adalah siswa laki-laki. Hanya ada beberapa wanita termasuk saya. Semua guru adalah laki-laki," kata Shifa dilansir dari mStar, Jumat (18/12/2020).

Pada awalnya, ia juga mengaku sempat takut dan ragu atas pilihanya. Namun, kini ia merasa bahwa tugas menerbangkan pesawat merupakan hal yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat pria atau wanita.

"Awalnya saya takut, bertanya-tanya apakah saya bisa sebaik mereka. Karena itu biasanya dilihat sebagai karir pria. Namun, sekarang saya rasa tugas menerbangkan pesawat adalah sesuatu yang bisa dilakukan siapa saja," imbuhnya. 

3 dari 4 halaman

Ia berhasil menyelesaikan 230 jam penerbangan

Melalui akun Twitter-nya @4deliaa, wanita berhijab itu membagikan momen dirinya saat pertama kali melakukan penerbangan hingga saat ini telah menyelesaikan 230 jam terbang.

4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Penampilannya itu pun sukses mencuri perhatian warganet dan viral di media sosial. Hingga Jumat (18/12/2020), unggahannya telah disukai lebih dari 53 ribu dan di-retweet sebanyak 4,8 ribu pengguna Twitter.

Tak sedikit warganet yang mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Shifa, tetapi ada pula yang salah fokus dengan kecantikan Shifa.

"Congrats Shifa!" tulis @sarranadhirv

"Terbaik, congrats, walaupun tak kenal. Saya dulu ingin menjadi pilot, tapi tak kesampaian karena rabun," tulis @syafareturn

"What an achievement! Mabrook," tulis @bambangkajairi

"You're so pretty omg," tulis @chewytaro

"Aku sangat mengagumi kulitmu," tulis @aplainbel

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.