Sukses

Kisah Pilu Pedagang Kue yang Merugi karena Pembeli Batalkan Pesanan 350 Pastel

Pedagang kue merugi 350 buah pastel teratai karena pembeli batalkan pesanannya dadakan.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah masa pandemi COVID-19, bisnis makanan tidak pernah surut pelanggan. Pasalnya pangan merupakan kebutuhan pokok manusia entah dalam kondisi apa pun. 

Meski laju pendapatannya labil, tetapi sedikit demi sedikit masih bisa bertahan di tengah pandemi COVID-19. Bahkan, saat ini banyak bisnis kue rumahan yang bermunculan.

Seperti halnya bisnis yang dijalani seorang ibu yang mengalami kerugian 350 buah pastel dagangannya lantaran pembeli tidak memberikan kejelasan atas pesanannya. Padahal bentuk pastelnya unik menyerupai tumbuhan teratai.

Melalui akun Tiktok-nya, dia membagikan pengalaman buruknya selama berjualan yang tidak terlepas dari sikapnya yang mudah percaya pada orang lain. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak meminta uang muka

Insiden ini terjadi ketika pembelinya merupakan teman dari sang kakak dan membuat dia percaya tanpa tergesa-gesa meminta uang muka. Tiba saatnya selang 2 hari pesanan diantarkan, dia menghubungi pihaknya meminta uang muka, malangnya pembeli itu mengabaikan dan melarikan diri dari pesanan pastel itu. 

"Mungkin belum rezekiku. Buat siapapun customernya minta DP hukumnya wajib. Semoga Gusti Allah mengganti yang lainnya," ungkapnya pada narasi video tersebut.

3 dari 4 halaman

Berbagi ilmu masaknya

Berkat kesabarannya, pesanan 350 buah pastel itu dibeli oleh temannya dan pelanggan untuk digunakan sebagai Jumat berkah.

Meskipun sempat dilanda kerugian, insiden tidak membuatnya pelit membagikan ilmunya kepada warganet cara membuat pastel teratai yang menjadi daya tarik pembeli karena bentuknya beda dari yang lain. Mulai dari racikan bumbu, proses mencetak, dan menggoreng dia beri tau kepada warga Tiktok yang melihatnya. 

@kokonaintan

Balas @lidia22228 ini kakak tutorialnya semoga berkenan ##NonstopKreasiq ##BaikUntukHarimu ##fpyシ ##fypindonesia ##pastel ##madiun

♬ Bukan Pho - €ryck - Kup@ng☄️
4 dari 4 halaman

Respons Warganet

Unggahan kesedihan penjual kue yang pesanan dibatalkan mengundang simpati warganet. Banyak dari mereka yang memberikan saran agar kejadian yang merugikan itu tidak terulang kembali dan juga dukungan agar ibut tersebut dapat sabar menjalaninya.

"Siapapun mau sodara apalagi temen kalo pesen minta dp kalau gak dikasih dp jangan dibuatin," tulis akun @Raline. 

"Sabar bunda .in shaa Allah besok dapat gantinya..q juga pernah seperti itu bunda.. bahkan kisaran sampai 600ribu..tp allhmdllh yg kuasa menggantinya lebih," sahut akun @Allenna Yanuar. 

"Ya Allah kasihan banget,sabar mbk,akan indah pada waktunya," kata akun @renana141.

"Tega banget, PASTEL TERATAI JADI PASTEL TERELIYE," tambah akun @embulgemez.

"Dikemas titipin ke warung aja mbk...smoga dpt gantinya yg lebih barokah," ucap akun @kusminah868.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.