Sukses

Mengenakan Pakaian Warna Ini Buat Anda Terlihat Tak Menarik di Kencan Pertama

Ada satu warna yang membuat Anda terlihat tak menarik bila dikenakan saat kencan. Warna apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Sering terpaku di depan lemari sebelum kencan pertama karena bingung mau mengenakan pakaian yang mana? Kegelisahan sebelum pertemuan 'penting' itu sesuatu yang normal dan tentu saja mengenakan apa yang membuat Anda paling nyaman adalah jawabannya.

Namun demikian, ada baiknya Anda mengetahui pertimbangan-pertimbangan dalam memilih pakaian untuk kencan pertama. Misalnya, dalam sebuah penelitian diketahui bahwa memakai pakaian dengan warna kuning ternyata membuat seseorang terlihat kurang menarik.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jajak pendapatnya

Jajak pendapat tahun 2013 dari vouchercodespro.co.uk terhadap 1.128 wanita dan 1.232 pria dewasa dari seluruh Inggris berusaha menentukan pilihan pakaian kencan pertama yang terbaik. Apa yang ditemukan dari jajak pendapat tersebut adalah bahwa baik pria maupun wanita menganggap kuning sebagai pilihan warna paling tak menarik.

Menurut The Daily Mail, sebanyak 39 persen pria dan 31 persen wanita mengatakan itu merupakan pilihan yang tak elegan.

 

3 dari 4 halaman

Penelitian yang mendukung

Meski gagasan untuk menilai seseorang secara langsung berdasarkan pilihan pakaiannya terlihat dangkal, banyak penelitian telah meneliti pengaruh warna pakaian kita terhadap cara orang lain memandang kita.

Studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Evolutionary Psychology menemukan bahwa pria dan wanita sama-sama menilai lawan jenis sebagai yang paling tak menarik bila orang tersebut mengenakan pakaian kuning.

Tak hanya itu, survei yang dilakukan oleh perusahaan pakaian yang berbasis di Inggris, Buyshirtonline, menemukan bahwa kuning sekali lagi berada di dekat bagian bawah bersama dengan cokelat dan oranye sebagai warna paling tak mungkin untuk membangkitkan kepercayaan diri. Selain itu, itu adalah salah satu warna yang "memancarkan kesombongan," di samping oranye dan merah.

 

4 dari 4 halaman

Pentingnya pilihan pakaian saat kencan

Meski demikian, seberapa penting kesan pertama tentang pakaian yang dikenakan saat kencan? Survei vouchercodespro.co.uk 2014 menanyakan: apakah pakaian yang buruk sudah cukup bagi seseorang untuk menolak kencan kedua? Sebanyak 38 persen wanita dan 27 persen pria menjawab 'Ya.'

"Faktanya adalah penilaian utama terhadap calon kekasih adalah sesuatu yang penting," ujar George Charles dari vouchercodespro.co.uk seperti dikutip oleh Bestlifeonline.

"Sudah menjadi sifat manusia untuk ingin menemukan kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam diri individu-individu ini untuk melindungi diri kita dari luka di kemudian hari," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.