Sukses

Simak 6 Tips Jitu Bikin Karyawan Anda Bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan karyawan tentunya sangat dibutuhkan dalam bidang pekerjaan. Terutama untuk membantu berjalannya usaha tersebut.

Kendati demikian, karyawan juga manusia. Anda sebagai atasan haruslah bersikap baik kepada mereka.

Menjaga karyawan tetap bahagia mungkin tidak mudah. Namun juga bukan sesuatu tak mungkin untuk dilakukan.

Umpamanya, Anda bisa melonggarkan peraturan, menjaga mereka, dan memastikan kesejahteraan seluruh karyawan yang ada.

Selain itu, Anda sebagai atasan juga wajib memotivasi karyawan, menjaga mereka agar tetap merasa aman, dan senang bekerja dengan Anda. Termasuk mendapatkan gaji atau tunjangan yang sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan.

Lalu, bagaimana cara untuk tetap membuat karyawan merasa senang dan nyaman untuk bekerja dengan Anda?

Seperti Liputan6.com kutip dari Magforwomen, Minggu 13 September 2020, berikut cara sederhana untuk membuat karyawan senang yang bisa Anda ikuti di tempat kerja Anda  

1.  Praktikkan Transparansi

Anda harus terus memberitahukan karyawan, jika Anda ingin karyawan terus berbahagia. Bila Anda menyembunyikan kebenaran tentang keadaan perusahaan dari karyawan dan akhirnya mereka mengetahuinya, maka mereka akan kehilangan kepercayaan kepada Anda sebagai pemberi kerja.

Tak peduli seberapa banyak keuntungan, kenaikan dan promosi yang Anda berikan, transparansi adalah kunci utamanya untuk memastikan kepercayaan karyawan. Ini dapat membuat semangat untuk bekerja dan membuat mereka menjadi lebih senang lagi.

2 dari 7 halaman

2. Jadikan Mereka Bagian dari Organisasi

Membuat karyawan merasa penting perlu dilakukan jika Anda ingin mereka memberikan potensi yang lebih. Buat mereka merasa cukup penting dan mereka pun mengetahuinya. Mereka tidak hanya akan senang dengan pekerjaan itu, tetapi juga akan memberikan kontribusi yang terbaik.

3 dari 7 halaman

3. Mendorong Komunikasi

Anda harus menciptakan lingkungan di mana karyawan dapat mengungkapkan pikiran mereka secara terbuka. Inilah yang membuat karyawan Anda senang karena mereka tahu jika ada suatu masalah yang muncul, mereka dapat membicarakannya kepada Anda.

4 dari 7 halaman

4. Mintalah Masukan dari Karyawan

Terkadang Anda harus mengizinkan mereka untuk memberikan masukan atas masalah yang sedang terjadi. Ketika Anda menciptakan lingkungan di mana masukan karyawan diminta, maka akan membuat mereka bahagia dan merasakan kepentingan mereka sendiri.

5 dari 7 halaman

5. Berikan Pengakuan

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik atau luar biasa, ucapkanlah terima kasih kepada mereka di depan umum. Berolah penghargaan dan beri tahu mereka bahwa pekerjaan baik mereka telah diakui dan dihargai. Memang sedikit sulit untuk melakukannya karena harus menurunkan ego Anda. Dengan melakukan hal tersebut maka akan mendorong mereka untuk terus berkinerja jauh lebih baik lagi.

6 dari 7 halaman

6. Berikan Manfaat Tambahan

Anda harus memberi mereka keuntungan ekstra melebihi apa yang biasa mereka dapatkan atau harapkan. Bisa mencakup voucher belanja, asuransi kesehatan ataupun berbagai jenis lainnya. Ketika Anda memberikan hal tersebut maka mereka akan melihat bahwa atasannya benar-benar peduli pada karyawan dan keluarga mereka dan inilah yang akan membuat mereka senang.

 

(Tasya Stevany/Ilyas Istianur Praditya)

7 dari 7 halaman

Video Pilihan