Sukses

Sedang Menganggur? 5 Tips Hasilkan Uang Ini Bisa Kalian Coba

Simak beberapa cara cepat, mudah dan berbeda demi menghasilkan uang walaupun sedang menganggur.

Liputan6.com, Jakarta - Menganggur atau tak punya penghasilan tetap bukan berarti membuat Anda harus berpangku tangan belaka. Ada pekerjaan yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang. Apalagi, mencari pekerjaan baru bukan satu-satunya pilihan membawa pulang uang.

Berikut ini beberapa cara cepat, mudah, dan berbeda untuk membawa pulang uang ekstra saat Anda masih mencari pekerjaan impian. Terutama saat sedang menganggur.

Mengutip dari lifehack.org, Kamis 9 September 2020, berikut 5 pekerjaan yang bisa Anda pilih setelah keluar dari pekerjaan dan di sela-sela mencari pekerjaan baru, sehingga penghasilan tetap ada.

1. Blog Pribadi

Internet dipenuhi dengan berbagai jenis blog yang ditujukan untuk semua jenis topik. Banyak dari mereka tidak menghasilkan uang, beberapa menghasilkan jumlah yang layak, dan ada beberapa yang menarik pendapatan tetap dan menguntungkan. 

Misalnya, blog yang menawarkan pembuatan website, bisa mengantongi gaji sekitar 2 sampai 10 juta rupiah tergantung pesanan.

Bukan hanya itu, melalui blog juga bisa menghasilkan uang lewat iklan yang dipasang dan jumlah visitornya. Ini bisa menjadi skenario terbaik, tetap menghasilkan uang walaupun menganggur. 

Jadi, jika Anda bersemangat atau memiliki banyak pengetahuan tentang subjek yang akan diminati orang lain, Anda mungkin dapat menghasilkan uang tambahan dengan membuat blog dan menghasilkan pendapatan dari posting bersponsor atau pemasaran afiliasi.

2. Mengajar Online

Bila Anda mempunyai keterampilan, perdagangan atau pengetahuan bahasa asing tertentu,  dapat dengan mudah menghasilkan uang, yaitu mengajar orang lain. 

Ada banyak situs web yang mencari orang yang dapat mengajarkan keterampilan ini secara online. Meskipun ini tidak memungkinkan Anda memiliki kendali dan kebebasan sebanyak lifehack, ini bisa menyenangkan jika Anda adalah orang yang suka mengajar orang lain.

Ada satu bonus yang menyertai ini. Anda akan mendapatkan pengalaman yang dapat dimasukkan ke dalam resume dan membantu mendapatkan pekerjaan di kemudian hari. 

Banyak orang berhasil membuat karier yang sukses dari mengajar orang secara online. Namun, tidak semua orang dapat melakukannya dengan sukses. Hanya saja, tak ada salahnya dicoba saat Anda menganggur.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berpartisipasi dalam Studi Penelitian

Mungkin gagasan untuk berpartisipasi dalam studi penelitian dan uji klinis mungkin terdengar sedikit menakutkan, karena selalu ada ketakutan bahwa ada sesuatu yang salah. 

Tetapi banyak dari mereka aman dan Anda bisa mendapatkan uang dalam jumlah yang layak. Telusuri grup fokus, panel penelitian, uji klinis, survei, dan peluang berbayar lainnya secara online yang mencari peserta. 

Jumlah uang yang akan Anda peroleh dapat bervariasi, tetapi ini masih merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang tambahan.

3 dari 4 halaman

4. Menjadi Streamer

Banyak orang menghabiskan uang untuk bermain video game, tetapi ada yang melakukannya sebaliknya, mereka menghasilkan uang dengan bermain video game. 

Jika Anda sendiri adalah seorang gamer, dan membutuhkan uang tunai, maka ini adalah kesempatan bagus untuk mengubah hobi Anda menjadi pertunjukan berbayar. 

Berkat situs streaming seperti Twitch dan YouTube Gaming, orang-orang pintar dan beruntung sekarang mendapatkan uang tunai yang mereka peroleh dengan menyiarkan permainan mereka di internet.

Namun, mengubah streaming menjadi bisnis yang menguntungkan bukanlah tugas yang mudah, karena Anda perlu membangun audiens yang cukup besar yang mau menonton dan membayar. Anda akan membutuhkan perlengkapan yang tepat seperti PC, alat gamer, kamera dan lainnya. Setelah Anda mengatur semuanya, ingatlah untuk bersikap menghibur dan karismatik jika ingin orang datang kembali dan menonton Anda.

4 dari 4 halaman

5. Menjual Barang Lama

Sudah menjadi sifat manusiawi kita untuk bergantung pada hal-hal yang tidak lagi kita gunakan, apakah itu tumpukan pakaian di lemari, sepeda yang tidak pernah kita kendarai atau TV cadangan. 

Pada dasarnya, inilah yang Anda lakukan, karena semua barang yang tidak terpakai itu hanya menghabiskan tempat, alih-alih benar-benar membantu mendapatkan sebagian uang yang sangat dibutuhkan. 

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjualnya secara online atau mengadakan obral garasi yang tidak hanya akan membantu menghilangkan kekacauan Anda, tetapi juga akan mengisi dompet.

 

(Erna Sulistyowati/Nurmayanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.