Sukses

Ladies, Jangan Abaikan Keluhan Ini Saat Tak Enak Badan, Tanda Penyakit Berbahaya

Ternyata keluhan sepele ini pada wanita bisa berarti tanda penyakit berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda merasa tidak enak badan, mungkin sulit untuk menentukan apa yang perlu ditangani oleh dokter. Namun, gejala umum yang terkadang tampak tidak berbahaya juga bisa jadi tanda masalah medis yang serius — terutama jika sering terjadi.

Dan yang membuat segalanya menjadi lebih kompleks adalah bahwa gejala yang sama dapat menjadi tanda dari sesuatu yang sama sekali berbeda tergantung pada apakah Anda seorang pria atau wanita. Menurut penelitian, ada satu gejala kesehatan yang buruk yang tidak boleh diabaikan oleh wanita khususnya yaitu mual.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tanda penyakit jantung pada wanita

Menurut data terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), penyakit jantung adalah penyebab utama dari setiap lima kematian wanita di Amerika Serikat. Sayangnya, hanya sekitar setengah dari wanita yang menyadari fakta itu, kata CDC.

Ini bukan hanya akibat penyakit jantung lebih sering dikaitkan dengan pria, tetapi juga karena wanita sering mengalami gejala yang lebih halus — dan terkadang sama sekali berbeda dari yang dialami pria.

Beberapa di antaranya adalah mual, muntah, atau sakit perut, yang telah banyak dilaporkan sebagai tanda serangan jantung dan jenis penyakit jantung lain yang unik untuk wanita.

 

3 dari 5 halaman

Wanita lebih mungkin mengalami gejala yang lebih halus

The Mayo Clinic menyatakan bahwa wanita lebih mungkin dibandingkan pria untuk mengalami gejala serangan jantung yang tidak berhubungan dengan nyeri dada. Di antara gejala yang diidentifikasi adalah mual, muntah, dan gangguan pencernaan.

National Heart, Blood, and Lung Institute (NIH) juga mencatat: "Tanda dan gejala umum bagi wanita termasuk mual, muntah, sesak napas, sakit perut, masalah tidur, kelelahan, dan kekurangan energi."

 

4 dari 5 halaman

Nyeri dada juga tetap terjadi pada penderita

Tak hanya itu, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Nursing Research, "gejala [penyakit jantung] pada wanita lebih halus dan sulit dikenali, seringkali lebih tampak seperti masalah perut atau gangguan pencernaan." Bukan berarti nyeri dada tidak terjadi pada wanita yang mengalami serangan jantung, hanya saja tidak biasa.

"Wanita pasti dapat mengalami gejala serangan jantung klasik seperti nyeri dada yang parah, tetapi mereka juga lebih mungkin mengalami serangan jantung yang memiliki presentasi atipikal," Nate Favini, MD, kepala medis di perusahaan perawatan primer Forward, mengatakan kepada Bestlifeonline.

 

5 dari 5 halaman

Ini yang membuat wanita lebih sulit mengenali serangan jantung sebelum terlambat

Menurut Women's Health, gejala perut seperti mual, muntah, atau gangguan pencernaan sangat rumit bagi wanita. Hal ini dikarenakan meski bisa menjadi tanda halus dari kondisi jantung yang serius, gejala tersebut juga bisa disebabkan oleh sejumlah penyebab lain yang dianggap wanita adalah gejala biasa dan tidak mengancam jiwa. Sebut saja seperti migrain, stres, kehamilan, dan menstruasi.

Namun, gejala khusus ini juga dapat menjadi tanda dari kondisi serius tambahan, seperti kanker serviks. Jadi gejala tersebut harus selalu ditangani secepatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.