Sukses

Tutup Kloset Toilet Sebelum Disiram Bisa Cegah Covid-19, Ini Penjelasan Ahli

Penelitian terbaru menemukan bahwa ketika menyiram kloset akan melepaskan partikel halus ke udara yang membuat individu berisiko tertular Covid-19 di toilet umum.

Liputan6.com, Jakarta - Menutup kloset sebelum menyiramnya atau menekan tombol siram atau flush menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terinfeksi virus Corona Covid-19.

Penelitian terbaru menemukan bahwa ketika menyiram kloset akan melepaskan partikel halus ke udara yang membuat individu berisiko tertular Covid-19 di toilet umum.

Melansir dari World of Buzz, Minggu (23/8/2020), menurut sekelompok penelitian dari Universitas Yangzhou, Tiongkok, lebih dari 57 persen partikel terdeteksi di lingkungan toilet. Karena itu, seorang peneliti dalam studi yang diterbitkan dalam Physics of Fluids menyarankan bahwa memakai masker wajah diwajibkan di toilet umum selama pandemi, karena pembilasan toilet bisa membawa droplet yang berpotensi mengandung virus penyebab Covid-19 melayang hingga tiga kaki atau sekitar 91 sentimeter.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Menutup Tutup Kloset Sebelum Disiram

Mengutip laporan New York Times, peneliti Universitas Yangzhou Dr Ji-Xiang menyarankan masyarakat untuk lebih waspada agar tidak tertular di toilet umum. Ini termasuk menurunkan tutup kloset terlebih dahulu sebelum disiram.

Studi lain yang dirilis oleh Departemen Arsitektur dan Teknik Sipil City University di Hong Kong telah mengkonfirmasi bahwa ketika kamu menyiram kloset tanpa menutup tutupnya, partikel dari kotoran dan urin di dalam mangkuk kloset akan hampir tersebar di mana-mana di kamar mandimu, termasuk sikat gigi.

Mereka juga menambahkan bahwa menyiram kloset dengan tutupnya mengarah ke pelepasan hingga 80.000 tetesan yang tercemar dan membiarkannya melayang satu meter di udara selama berjam-jam.  

3 dari 3 halaman

Harus Terus Waspada

Sebelumnya, peneliti di Tiongkok menemukan virus Corona bisa menyebar melalui kotoran manusia. Studi tersebut menunjukkan bahwa pemahaman tentang penyebab penyebaran Covid-19 masih belum komprehensif dan memerlukan studi lebih lanjut. 

Meskipun tidak terbukti bahwa virus Corona bisa menyebar di toilet umum, selalu disarankan untuk menggunakan masker di tempat yang bisa dijangkau oleh banyak individu setiap hari.

Selain itu, biasakan menutup tutup kloset sebelum membilas dan mencuci tangan setelahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.