Sukses

Selain Menyehatkan, Ini 5 Manfaat Lemon untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Lemon menjadi salah satu buah yang banyak digunakan untuk beragam masalah kesehatan. Selain itu, nyatanya buah yang miliki rasa dan aroma khas ini juga bermanfaat untuk kecantikan.

Jika dikonsumsi dengan takaran yang sesuai, lemon bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, untuk kesehatan pencernaan, atau hal lainnya.

Beberapa orang lainnya memanfaatkan lemon untuk kecantikan, seperti untuk mencerahkan kulit atau mengatasi komedo.

Nah, penasaran apa lagi manfaat lemon untuk kecantikan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (4/8/2020).

1. Memutihkan Gigi

Lemon juga nyatanya berfungsi sebagai agen pemutih gigi yang sangat baik. Yang perlu kamu lakukan campurkan soda kue dan jus lemon segar, aduk hingga menjadi pasta.

Lalu gosok gigi dengan pasta ini. Biarkan pasta bertahan selama beberapa menit dan bilas dengan bersih. Pastikan kamu tidak menyimpan pasta dalam waktu lama karena akan mempengaruhi email.

2 dari 6 halaman

2. Menghilangkan Komedo

Sifat antibakteri yang terkandung dalam lemon membantu dalam menghilangkan komedo sehingga kulit menjadi bersih dan lembut.

Yang perlu kamu lakukakan, peras jus lemon ke dalam mangkuk, campurkan dengan air dan aduk rata. Lalu celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan di daerah yang terdapat komedo.

Biarkan selama beberapa menit dan gosok dengan ujung jarimu. Ulangi perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

3 dari 6 halaman

3. Bibir Merah Muda

Ekstrak jeruk dari lemon membantu menghilangkan cokelat dan membuat bibirmu terlihat lebih cerah. Sementara madu membuat bibirmu tetap lembut dan lembab.

Yang kamu butuhkan beberapa tetes madu dan satu sdt perasan lemon. Campur kedua bahan dengan baik dan oleskan di bibirmu. Biarkan selama satu jam dan bersihkan dengan kain basah.

4 dari 6 halaman

4. Menguatkan Kuku

Lemon adalah solusi yang sangat baik untuk kuku rapuh dan lemah. Juga membantu untuk mengobati perubahan warna kuku.

Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan minyak kelapa dan perasan lemon ke dalam mangkuk. Rendam kuku ke dalam campuran ini dan biarkan selama 10 menit. Gunakan cara ini setidaknya sekali seminggu.

5 dari 6 halaman

5. Menyingkirkan Ketombe

Karena mengandung sifat antiseptik dan anti inflamasi yang membantu menghilangkan kulit kepala yang gatal dan kering dalam waktu singkat.

Kamu perlu memotong setengah lemon. Usaspkan ini pada kulit kepala dengan lembut. Lalu biarkan selama 10-15 menit dan cuci bersih dengan sampo.

Kamu bisa melakukan cara ini seminggu sekali untuk menghilangkan ketombe.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: