Sukses

5 Cara Memanfaatkan Susu untuk Kulit Wajah Sehat dan Cantik

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit cantik, bercahaya dan memesona tentu menjadi idaman setiap wanita. Tak heran, banyak wanita rela merogoh kocek dalam untuk membeli produk wajah dan melakukan perawatan kecantikan.

Namun, memiliki kulit cantik tak perlu mahal, kamu bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di rumah, seperti susu.

Susu yang penuh dengan vitamin dan mineral sudah banyak dikonsumsi individu sejak kecil. Namun, selain untuk kesehatan, susu juga punya keajaiban untuk kulit.

Susu nyatanya bisa digunakan dalam berbagai cara untuk mempercantik kulitmu dan melawan masalah kulit yang mengganggumu. Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan susu untuk membuat kulit cantik? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Jumat (10/7/2020).

1. Hanya Susu

Susu mengandung asam laktat yang bisa mengelupas kulit dengan lembut sambil mempertahankan kelempan untuk menghilangkan sumbatan di pori-porimu dan menyingkirkan kulit kusam, komedo, jerawat dan lainnya.

Untuk mengaplikasikannya, yang kamu butuhkan 3-4 sdm susu mentah dan kapas. Kamu bisa celupkan kapas ke dalam susu, lalu aplikasikan ke seluruh wajahmu. Biarkan selama 10-15 menit hingga kering. Lalu bilas menggunakan air.

 

 

 

 

2 dari 6 halaman

2. Susu dan Madu

Jika kulitmu sangat kering, gunakan masker wajah susu dan madu untuk membersihkan, melembabkan dan menenangkan kulitmu.

Yang kamu butuhkan, 2 sdm susu mentah, 1 sdm madu dan kapas. Cara menggunakannya, kamu perlu menyiapkan mangkuk. Masukkan susu dan madu, aduk rata.

Lalu kamu bisa oleskan campuran tersebut ke wajah menggunakan kapas. Biarkan campuran itu menempel di kulitmu selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air.

3 dari 6 halaman

3. Susu dan Pisang

Susu dan pisang sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Asam laktat dalam susu membantu melawan hiperpigmentasi, sementara vitamin A yang terkandung dalam pisang bisa mempertahankan kelembaban sehingga membuat kulitmu lembut dan bercahaya.

Yang kamu butuhkan susu dan pisang matang. Lalu tumbuk pisang menjadi bubur. Tambahkan susu secukupnya untuk membuat campuran kental.

Oleskan pasta tersebut ke wajah dan lehermu. Biakan selama 15-20 menit hingga kering. Kemudian bilas sampai bersih.

4 dari 6 halaman

4. Susu dan Oatmeal

Pori-pori yang tersumbat sering menjadi penyebab banyak masalah kulit wajah, seperti komedo dan jerawat.

Oatmeal menawarkan cara paling indah untuk membersihkan kulitmu dan mengeluarkan semua kotoran dan pori-porimu. Sementara susu menghasilkan keajaiban untuk menenangkan dan melembabkan kulit.

Yang kamu butuhkan, satu gelas susu dan 3 sdm oatmeal. Lalu masukkan bahan tersebut dalam satu mangkuk, aduk hingga mendapatkan campuran yang kasar.

Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajahmu dan gosok wajah deng an lembut sekitar beberapa menit. Lalu biarkan campuran tersebut menempel di wajahmu selama 10 menit hingga kering. Bilas sambil menggosok wajahmu dengan lembut.

5 dari 6 halaman

5. Susu dan Kunyit

Susu bisa mengelupas kulit dengan lembut, sementara kunyit dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasinya menyembuhkan kulit dan mengembalikkan kilau alami kulitmu yang lelah.

Yang kamu butuhkan satu sdm susu dan seperempat kunyit bubuk. Cara mengaplikasinnya, campurkan kedua bahan tersebut dalam mangkuk. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian cuci hingga bersih.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: