Sukses

4 Cara Mudah, Murah dan Aman Memutihkan Gigi Kuning

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar individu, memiliki gigi bersih dan sehat sangat penting. Tak hanya dari segi kesehatan, hal tersebut juga sangat berpengaruh bagi penampilan.

Sayangnya, perubahan warna gigi pasti terjadi pada semua orang secara bertahap. Warna gigi bisa terlihat lebih kuning atau gelap terutama seiring bertambahnya usia. Terlebih lagi gaya hidup tak sehat juga mempengaruhinya.

Memang kamu bisa melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga warna gigi tetap putih bersih. Namun, tentu saja kamu harus merogoh kocek tak sedikit. Tapi jangan khawatir, kamu bisa membuat warna gigi terlihat lebih cerah dengan cara alami.

Meski tak langsung terlihat perbedaannya dalam waktu instan, cara ini efektif jika dilakukan secara rutin.

Dilansir dari laman Healthline, Jumat (10/7/2020), berikut deretan cara mudah dan murah serta aman yang bisa kamu lakukan untuk membantu memutihkan warna gigi.

2 dari 6 halaman

1. Sikat Gigi

Cara utama yang bisa kamu lakukan yakni dengan rutin menyikat gigi. Sangat penting bagi kamu untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gigi kuning.

Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit setiap kali. Menurut sebuah studi tahun 2018, menyikat dengan pasta gigi pemutih juga telah terbukti secara ilmiah bisa membantu memutihkan gigi.

3 dari 6 halaman

2. Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Mengaplikasikan pasta yang terbuat dari baking soda dan hidrogen peroksida dikatakan bisa menghilangkan penumpukan plak dan bakteri. Hal ini bisa membantu menghilangkan noda pada gigi.

Campurkan satu sendok makan baking soda dengan dua sendok makan hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Sikat gigi dengan pasta tersebut kemudian kumur dengan air.

4 dari 6 halaman

3. Cuka Apel

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa cuka apel dapat digunakan untuk memutihkan gigi, namun dalam jumlah yang sedikit. Penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2014 menemukan bahwa cuka apel memiliki efek pemutihan pada gigi sapi.

Namun, perlu dicatat bahwa cuka apel juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada struktur permukaan gigi jika digunakan berlebihan. Jadi, gunakan dengan hati-hati, dan hanya gunakan untuk waktu singkat.

5 dari 6 halaman

4. Kulit Lemon, Jeruk dan Pisang

Beberapa orang mengklaim bahwa mengoleskan kulit lemon, jeruk, atau pisang pada gigi akan membuatnya lebih putih. Senyawa asam sitrat yang ditemukan dalam kulit-kulit buah tersebutlah yang akan membantu membuat warga gigi lebih putih.

Sebuah studi mengamati efek pasta gigi yang mengandung 5% asam sitrat mampu menghilangkan noda gigi akibat merokok dan teh.

Gosok kulit buah dengan lembut selama dua menit. Pastikan untuk membilas mulut dan gigi secara menyeluruh dan menyikat gigi sesudahnya. Hati-hati saat melakukan cara ini karena buahnya asam. Asam dapat mengikis dan melemahkan enamel gigi.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: