Sukses

Kulit Pisang dan Bawang Bombai, Rahasia Skincare Awet Muda Nenek Asal Jepang

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video di TikTok yang membagikan rahasia awet muda seorang nenek, viral. Dalam video tersebut, tampak seorang nenek yang wajahnya masih terlihat kencang bak berusia 30-an.

Akun TikTok @dr.mamina membagikan tips tersebut dengan bantuan seorang nenek asal Jepang yang ia rekam rutinitas perawatan kulitnya. Dalam video itu, tampak si nenek menggosok kulit pisang ke wajahnya. 

"Ini adalah tips kecantikan dari saya," ujar si nenek. 

Kulit pisang tersebut kemudian dia gosokkan pula ke kedua tangannya. Meski awalnya tampak malu-malu, nenek bernama Michiko itu tak segan berbagi di depan kamera cara menggosok lembut kulit pisang ke beberapa bagian tubuh.

"Manfaat kulit pisang: menghidrasi dan melembapkan, mengangkat sel kulit mati secara gentle, kaya antioksidan, dan mencegah kerutan," begitu keterangan yang dituliskan Dr Mamina yang disebut sebagai ahli dermatologi tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Manfaat teh kulit bawang bombai

"Tips awet muda lain yang saya dapat dari ibu saya yang sudah berusia 72 tahun ini adalah meminum teh kulit bawang bombai," sambungnya. Ia pun memperlihatkan manfaat kulit bawang bombai berdasarkan sekian banyak studi.

Beberapa manfaat yang disebutkan adalah sebagai pendorong imunitas, bantu melawan alergi, cegah kanker, mengendalikan kadar gula dalam darah, dan melawan berbagai penyakit jantung, tak terkecuali tekanan darah.

3 dari 5 halaman

Cara membuat teh kulit bawang bombai

Cara membuat teh ini, pertama, jemur kulit bawang bombai sampai mengering dan cuci bersih. Rebus bersama teh selama 15--30 menit. Saring kulit bawang bombai dan minum teh yang sudah menyerap sarinya saat direbus bersama.

Michiko juga berbagi skincare harian yang secara rutin diaplikasikan. Produknya berupa antioksidan, sunscreen, retinol walau tak setiap hari, dan yang tak boleh ketinggalan, pelembap.

4 dari 5 halaman

Banyak tertawa

Setiap pagi, nenek ini juga melakukan latihan pernapasan, stretching, dan yoga ringan. Juga, disambung memijat wajah menggunakan cold roller dan mengonsumsi sayuran organik yang kebanyakan ditanam sendiri.

"Satu yang selalu perhatikan adalah bagaimana ia sering tertawa. Selera humornya sangat bagus dan setiap kali ia tertawa, orang di sekitarnya juga akan ikut tertawa," ucap dr. Mamina.

 

(Asnida Riani)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: