Sukses

5 Bulan Jalani Karantina, Pria Ini Alami Kenaikan Berat Badan hingga 100 Kg

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat beberapa negara harus melakukan lockdown beberapa waktu lalu. Salah satunya negara Tiongkok yang melakukan lockdown kurang lebih lima bulan lamanya.

Saat lockdown, masyarakat harus melakukan karantina mandiri dan dilarang beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penularan Covid-19.

Berdiam diri di rumah dalam waktu lama rupanya membuat seorang pria di Wuhan bernama Zhou mengalami hal buruk.

Lantaran tak banyak beraktivitas saat masa lockdown, pria 26 tahun ini mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis selama masa karantina mandiri.

2 dari 5 halaman

Naik 100 Kg

Bagaimana tidak, berat badannya naik hingga 100 kg lebih. Kenaikan berat badan ekstrem ini terjadi dalam kurun waktu 5 bulan saja.

Melansir dari Daily Mail, awal bulan lalu Zhou dilarikan ke rumah sakit Zhongan Universitas Wuhan rumah akibat kritis akibat berat badannya.

3 dari 5 halaman

Jadi pria terberat di Wuhan

Zhou mulanya memiliki berat badan 392 pounds atau setara dengan 177 kg. Kini berat badannya naik sebanyak 101 kg hingga mencapai 278 kg. Dia bahkan dinobatkan jadi pria terberat di Wuhan.

Zhou yang diketahui berprofesi sebagai penjaga kafe internet tak melakukan banyak aktivitas di rumah selama lockdown sejak Januari lalu. Akibat berat badannya tersebut, keluarga mengatakan bahwa Zhou sulit bergerak.

4 dari 5 halaman

Menjalani perawatan

Sejak 1 Juni 2020 , Zhou pun telah menjalani perawatan di rumah sakit hingga saat ini. Menurut keterangan dari pihak rumah sakit, Zhou telah berjuang keras untuk mengurangi berat badannya dengan berbagai cara namun tak kunjung berhasil.

Zhou kini didiagnosa mengalami gagal jantung dan fungsi pernafasan. Pihak rumah sakit telah mengambil langkah untuk menjalani operasi penurunan berat badannya dengan menghilangkan bagian pada perutnya.

Dalam waktu tiga bulan ke depan, Zhou dikatakan harus menurunkan berat badannya sebanyak 25 kg.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: