Sukses

Jangan Dibuang, Biji Jeruk Miliki 6 Manfaat Kesehatan Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Buah oranye ini dikenal bisa menyegarkan dan meningkatkan energi. Setiap bagian dari jeruk, dari ampasnya hingga kulit memiliki beragam manfaat bagi tubuh dan pikiranmu.

Namun, kamu melupakan satu hal dari buah jeruk, yakni manfaat biji jeruk terhadap kesehatanmu. Memang lumrah dilakukan setiap orang untuk membuang bijinya, apalagi biji jeruk memiliki rasa asam pahit. 

Biji jeruk tersedia dalam bentuk minyak, yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap atau hanya untuk aromanya. 

Biji jeruk tidak beracun ketika tertelan karena hanya mengandung sedikit sekali sianida, dan tubuh kita memiliki kemampuan untuk mendetoksifikasi sejumlah kecil sianida.

Nah, penasaran apa saja manfaat mengkonsumsi biji jeruk bagi kesehatan? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (18/5/2020).

2 dari 8 halaman

1. Tingkatkan Energi

Biji jeruk bisa membantu meningkatkan energimu. Asam palmitat, oleat dan linoleate dalam biji berkontribusi terhadap percepatan tingkat energi dalam tubuhmu dan memungkinkan penyimpanan energi dalam sel.

Jadi, jika kamu merasa lelah dan lesu tanpa alasan, ambil beberapa biji jeruk untuk mendapatkan dorongan energi instan. 

 

3 dari 8 halaman

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kaya akan antioksidan, biji jeruk bisa meningkatkan kekebalanmu. Vitamin C dalam biji jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsinya, melindungi tubuhmu dari racun dan penyakit eksternal.

4 dari 8 halaman

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kehadiran D-limonene dan vitamin C dalam biji membantu menurunkan risiko kanker. Senyawa D-limonene membantu membatasi dan mencegah timbulnya kanker paru-paru, kanker kulit, dan bahkan kanker payudara. 

Demikian juga, antioksidan yang ditemukan dalam biji jeruk meningkatkan kekebalanmu dan membangun lapisan pelindung terhadap sel-sel kanker.

Kandungan serat dalam buah juga dinyatakan bermanfaat dalam memerangi kanker.

5 dari 8 halaman

4. Kurangi Kolesterol

Fitokimia yang dikenal sebagai limonoid hadir dalam biji jeruk sangat bermanfaat dalam mengelola kadar kolesterolmu. 

Mereka membantu dalam mengurangi kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL). Serat larut dalam biji juga memainkan peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahatmu. 

6 dari 8 halaman

5. Kontrol Kadar Gula

Kandungan serat dalam biji jeruk bisa membantu menjaga kadar gula darahmu terkendali. Gula sederhana dalam biji tidak berbahaya dan jejak dari gula alami fruktosa membantu menjaga kadar gula darah dari kenaikan terlalu tinggi. 

7 dari 8 halaman

6. Meningkatkan Penglihatan

Senyawa karotenoid yang ditemukan dalam biji jeruk dapat membantu meningkatkan penglihatanmu. Ini juga membantu mencegah degenerasi makula.

8 dari 8 halaman

7. Meningkatkan Kualitas Kulit

Kaya akan antioksidan, biji jeruk bisa bermanfaat bagi kulitmu. Ini membantu melindungi kulitmu dari kerusakan akibat radikal bebas yang diakibatkan penuaan. 

Selain itu, biji jeruk juga membantu mengurangi noda, bintik hitam dan bahkan kerutan.