Sukses

7 Trik untuk Menjaga Daya Baterai Ponsel Lebih Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Saat ini hampir tak ada yang bisa hidup tanpa ponsel. Ini adalah perangkat komunikasi dengan sumber berita, buku, film, musik, gim, dan internet. Semua dalam satu gawai.

Sayangnya, baterai ponsel sangat sering begitu cepat habis. Bahkan tak cukup untuk satu hari. Berikut ini beberapa tips agar membuatnya lebih tahan lama.

1. Anda tak membersihkan lubang pengisian daya

Ingatlah untuk selalu membersihkan ponsel Anda. Tak hanya layarnya, tapi juga lubang casnya. Ini dikarenakan serat dan kotoran bisa saja tersangkut di sana. Gunakan tusuk gigi untuk membersihkannya.

 

2 dari 4 halaman

2. Anda selalu membawa ponsel di genggaman tangan

Usahakan untuk tak selalu membawa ponsel di tangan saat cuaca panas. Karena suhu tinggi, ponsel juga memanas.

Selain itu, suhu tangan yang hangat juga memberi peluang baterai ponsel menjadi lebih besar dan akibatnya daya baterai lebih cepat habisnya.

3. Anda mengaktifkan layar putar otomatis

Matikan fungsi auto rotate, kecuali jika benar-benar diperllukan. Sensor khusus, accelerometer, bertanggung jawab atas fungsi ini dan menghabiskan lebih banyak daya baterai.

 

3 dari 4 halaman

4. Program latar belakang sedang berjalan

Setelah menggunakan aplikasi, kadang Anda membiarkannya tanpa ditutup. Oleh karena itu, aplikasi tetap mengonsumsi baterai saat beroperasi di latar belakang. Jadi ingatlah untuk menutup semua aplikasi dengan benar setiap waktu.

5. Anda menggunakan kecerahan layar maks

Saat berada di dalam ruangan, cobalah untuk menurunkan kecerahan layar setidaknya 30-40%. Ini akan membantu Anda memperpanjang usia baterai.

Saat berada di luar ruangan, gunakan fungsi kecerahan otomatis. Ini akan membantu Anda melihat layar ponsel di bawah terik matahari. Plus, itu akan mati setelah 15 menit.

 

4 dari 4 halaman

6. Anda tak menetapkan "batas waktu" untuk layar

Atur layar ponsel ke waktu otomatis dengan waktu tersingkat yang tersedia. Konsumsi baterai akan lebih hemat karenanya.

7. Anda mengaktifkan mode getar

Fungsi getar sangat menghabiskan baterai. Cobalah untuk menggunakannya hanya jika diperlukan. Dalam kasus lain, gunakan mode suara atau mode diam.