Sukses

Kembali Masuk Sekolah, Siswa SD di China Pakai Topi Sepanjang 1 Meter

Sebuah sekolah di kawasan Hangzhou, memiliki cara unik untuk tetap membuat siswanya selalu menjaga jarak satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa bulan dihentikan sementara, kegiatan belajar mengajar sekolah-sekolah di China mulai berangsur kembali normal.

Para pelajar mulai kembali ke sekolah mereka dengan menggunakan masker. Mereka juga selalu diimbau untuk menjaga jarak satu sama lain guna meminimalisir penularan virus Corona Covid-19.

Namun sebuah sekolah di kawasan Hangzhou, memiliki cara unik untuk tetap membuat siswanya selalu menjaga jarak satu sama lain. Sekolah Dasar Yangzheng mengharuskan para siswanya untuk mengenakan topi sepanjang satu meter.

Dikutip dari Ndtv, Jumat (1/5/2020), pihak sekolah mengharuskan setiap siswa mengenakan topi dengan bulu horisontal sepanjang 3 kaki memanjang di kedua sisi agar tetap menjaga jarak dengan sesama siswa di sampingnya.

Awalnya sebuah video yang dibagikan oleh beberapa portal berita China menunjukkan siswa kelas satu di Sekolah Dasar Yangzheng tersebut duduk di ruang kelas dengan meja yang diatur dalam satu baris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berjarak satu meter

Wajah mereka tertutup oleh masker. Di bagian kepala, terlihat masing-masing dari mereka mengenakan topi dengan bulu-bulu panjang yang terbuat dari karton atau ada beberapa yang menggantinya dengan balon.

Metode jarak sosial yang unik ini juga diunggah oleh seorang professor di Duke University, Amerika Serikat, Eileen Chengyin Chow. Chow, membagikan foto-foto siswa tersebut di Twitter pribadinya.

Dia mengatakan bahwa topi unik para siswa tersebut mengingatkannya pada topi yang dikenakan pada masa pemerintahan Dinasti Song di Tiongkok. Dia menjelaskan pada masa itu, bulu-bulu panjang itu dimaksudkan untuk mencegah para pejabat berkonspirasi diam-diam satu sama lain di pengadilan.

3 dari 4 halaman

Viral

4 dari 4 halaman

Tuai beragam komentar

Unggahan tersebut tentu saja mencuri perhatian warganet. Tak sedikit yang mengatakan bahwa ide tersebut cukup unik dan juga efektif untuk membuat anak-anak tetap menjaga jarak mereka.

"Wow! sangat menggemaskan dan juga menarik! Aku berharap semoga mereka tetap sehat," ujar akun @tiger.

"Cara paling menarik yang pernah saya lihat untuk mencegah pandemi ini," komentar @AaronEiben.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.