Sukses

4 Alasan Kalian Sebaiknya Enggak Sahur dengan Mie Instan

Ini loh alasan sebaiknya kalian tak sahur dengan mie instan.

Liputan6.com, Jakarta Mie instan kerap menjadi alternative bagi siapa saja yang tak sempat memasak makanan saat sahur. Memang mie instan sangat praktis untuk dibuat dan juga menggugah selera untuk santap sahur.

Namun kalian tak dianjurkan untuk menjadikannya sebagi menu sahur. Pasalnya para pakar kesehatan mengungkapkan jika kandungan nutrisi dalam mie instan hanyalah kalori atau karbohidrat saja.

Memang bagi banyak orang mie instan cukup mengenyangkan, namun hal ini tidak menjamin nutrisi di tubuh bisa terpenuhi dan tercukupi dengan baik. Tak hanya itu masih banyak lagi beberapa alasan mengapa sebaiknya kalian tak sahur dengan mie instan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1. Rendah Gizi

Saat sahur dengan mie instan nutrisi tubuh tidak bisa tercukupi dengan baik. Ada baiknya ketika ingin sahur dengan mie instan, kalian menambahkan bahan lain seperti sayur, telur, daging, sosis dan sejenisnya. Pasalnya setelah sahur kita harus membiarkan perut kosong dalam waktu lama hingga berbuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bikin Cepat Lapar

Dalam satu kemasan mie instan mengandung kalori yang terhitung tinggi yaitu 240 kalori. Namun selain kalori yang tinggi, mie instan tidak memiliki cukup gizi yang dapat membantu kalian menjalani hari saat berpuasa.  Selain itu, tingginya kalori pada mie instan justru dapat membuat kalian merasa lebih cepat lapar saat puasa.

3 dari 4 halaman

3. Menghambat Penyerapan Nutrisi di Tubuh

Nyatanya masih ada dampak buruk yang bisa ketika mengonsumsi mie instan untuk sahur yaitu efek negatif dalam proses pencernaan. Hal ini bisa membuat tubuh tidak mampu menyerap nutrisi makanan sehat lain. Hal ini juga membuat kalian tak bertenaga dalam beraktivitas sehingga mudah lemas.

4 dari 4 halaman

4. Mie Instan Mengandung MSG Tinggi

MSG merupakan salah satu kandungan yang membuat rasa mie instan begitu lezat. Tapi tahukah kalian bahwa kandungan MSG yang tinggi dalam mie instan, dapat membuat tubuh tidak segar dan mudah haus saat berpuasa. MSG juga mampu menimbulkan sensasi terbakar pada tenggorokan, sakit kepala, atau nyeri dada setelah dikonsumsi berlebihan. Sehingga, tubuh merasa tidak fit saat siang hari di bulan Ramadhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.