Sukses

Perawat Ini Tunjukkan Bagaimana Kuman Cepat Menyebar Tanpa Disadari

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci tangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan, apalagi di saat kondisi seperti ini. Tentu saja hal tersebut patut dilakukan secara rutin guna mencegah adanya kuman, bakteri serta virus pada tubuh.

Meski begitu, masih banyak orang yang meremehkan pentingnya cuci tangan. Untuk itu, seorang perawat asal Michigan, Molly Lixey, membuat sebuah video yang mendemonstrasikan bagaimana kuman dengan mudah menyebar tanpa kita sadari.

Kepada CNN, Selasa(7/4/2020), Molly mengaku khawatir lantaran banyak orang berpikir dirinya telah aman terlindungi dari kuman ketika pergi ke tempat umum ketika mengenakan sarung tangan.

Padahal menurutnya hal tersebut tak bisa menjamin 100 persen terhindar dari kuman. Melalui video tersebut, Molly lantas menjelaskan alasannya. Molly pun menggunakan cat sebagai medianya.

2 dari 3 halaman

Betapa cepat kuman menyebar

Melalui video yang diunggah melalui akun Facebook-nya, Molly awalnya mensimulasikan bahwa dirinya sedang berada di sebuah supermarket. Dia pun menggunakan sarung tangan seperti kebiasaan yang sering dilakukan banyak orang saat ini.

Dia lantas bercerita seolah-olah dirinya telah berada di dalam supermarket dan mengambil sebuah tisu toilet. Molly kemudian menyelupkan jari-jarinya ke cat sebagai simbol kuman yang datang dari tisu toilet yang telah dipegangnya.

Selanjutnya Molly menyentuh hidungnya sehingga “kuman” yang ada di sarung tangannya berpindah ke wajahnya. Molly pun menyentuh ponselnya yang merupakan salah satu kebiasaan yang sering orang lakukan saat berbelanja. Tentu saja kuman di tangannya ikut berpindah ke ponsel dan juga wajahnya.

3 dari 3 halaman

Pentingnya cuci tangan

Pada video berdurasi tiga menit 28 detik itu terlihat jelas bagaimana kuman dapat menyebar bahkan ke tubuh dan wajah kita meski telah mengenakan sarung tangan sekalipun.

Video ini juga secara tersirat memperjelas bahwa sangat penting bagi kita untuk rutin mencuci tangan dengan sabun.

“Tak ada gunanya kamu menggunakan sarung tangan jika kalian tak mencuci tangan usai menyentuh sesuatu,” kata Molly di akhir video.