Sukses

Viral Tenaga Medis di Malaysia Terpaksa Pakai Kantong Plastik Pengganti APD

Sebuah video menunjukkan tenaga medis di Malaysia menggunakan plastik untuk melindungi wajahnya ketika hendak menangani pasien.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di Indonesia, para tenaga medis di Malaysia juga sedang berjuang membantu korban terinfeksi Virus Corona Covid-19. Seolah berperang tanpa senjata, sayangnya banyak dari mereka yang belum dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat menangani pasien.

Hal ini bisa terlihat dari sebuah video yang belum lama ini viral di jejaring sosial. Melansir dari World of Buzz, Senin (23/3/2020), sebuah akun Facebook mengunggah video yang menunjukkan tenaga medis di Malaysia, menggunakan plastik untuk melindungi wajahnya ketika hendak menangani pasien.

Pada video yang diunggah akun Sera Bagus tersebut terlihat beberapa tenaga medis berbaris, sementara seorang pria terlihat menggunting plastik sedemikian rupa hingga menyerupai Alat Pelindung Diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Videonya viral

3 dari 5 halaman

Buat warganet prihatin

Video berdurasi 1 menit 9 detik itu tentu saja menuai beragam komentar warganet. Tak sedikit yang mengaku terenyuh melihat perjuangan para tenaga medis tersebut sementara yang lain mendoakan.

Taufiq Hidayat: Semangat kawan.. pahalamu sama seperti jihat.. saya berdoa agar kalian selalu sehat

Normah Basiran: Berjuanglah wahai perwira negara... Hanya Allah saja yg dpt membalasnya

Rahim Ramli: Ya Allah, selamatkan lah mereka semua.

Ana Syardyana: Subhanallah..pilu hati ini melihat perjuangan mereka

 

4 dari 5 halaman

Paramedis di Indonesia tangani pasien COVID-19 berbalut kantong plastik sampah

Di Indonesia, kurangnya Alat Pelindung Diri juga dirasakan para tenaga medis. Mesty Ariotedjo, selebritas sekaligus dokter, baru-baru ini mengunggah foto seorang paramedis menggunakan APD yang tak biasa. Bukan jas hujan seperti yang terjadi di sebuah rumah sakit di Tasikmalaya, tapi menggunakan kantong plastik sampah.

Pada unggahan lain, yakni melalui Story Instagram, Mesty juga memperlihatkan tangkapan layar direct message yang diterima. Pada unggahan tersebut, terlihat foto sejumlah paramedis yang mengenakan jas hujan untuk merawat pasien sepasang ayah dan anak yang terlihat lemah.

5 dari 5 halaman

Pemerintah distribusikan 105 Ribu APD ke seluruh RS rujukan Covid-19

Bergerak cepat, pemerintah pun mendistribusikan sebanyak 105 ribu APD ke seluruh RS rujukan Covid-19. Sebanyak 10 ribu APD telah didistribusikan ke sejumlah RS rujukan dalam dua hari terakhir. Selanjutnya, pemerintah juga akan segera mendistribusikan 95.000 APD tambahan ke seluruh Indonesia demi pemenuhan kebutuhan sesuai skala prioritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini