Sukses

Kerap Disepelekan, 3 Produk Pembersih Kuman ini Wajib Ada di Rumah Kalian

Berikut ini beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya pandemi virus Corona Covid-19 nampaknya membuat kita harus ekstra menjaga kebersihan. Tak hanya kebersihan tubuh, kebersihan rumah juga tak kalah penting.

Hal ini membuat kita harus rajin membersihkan setiap sudut rumah guna mengantisipasi diri dari kuman. Dikutip dari apartmenttherapy seorang profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine bernama Sally Bloomfield, membagikan beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah. Berikut ulasannya:

Sabun cair

Ada baiknya kalian menghindari penggunaan sabun batang dan beralih ke sabun cair. Hal ini lantaran sabun batang justru bisa menjadi sarang kuman dan dengan mudah membuat kuman berpindah ke tangan atau tubuh seseorang. Makanya kalian lebih baik menggunakan sabun cair, baik untuk mandi maupun cuci tangan.

"Selalu sediakan sabun cuci tangan, di tempat yang mudah diakses. Terutama di dekat kran. Biasakan untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah dengan air mengalir," ungkap Sally.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semprotan antibakteri

Untuk permukaan yang bersentuhan langsung dengan makanan seperti meja makan, piring, dan sendok garpu, Sally merekomendasikan untuk menggunakan cairan yang mengandung antimikroba dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

"Bisa juga gunakan semprotan disinfektan yang bisa membunuh kuman. Setelah itu bilas lagi permukaan dengan tisu yang telah dibasahi. Setelah kering, baru kemudian bisa digunakan," ujar Sally.

3 dari 3 halaman

Tisu sekali pakai

Jika tujuan utama adalah untuk mencegah penyebaran kuman maka pembersih yang direkomendasikan adalah tisu pembersih sekali pakai. Lap microfiber memang sangat baik untuk membersihkan permukaan berdebu.

Lebih baik gunakan lap tisu ini ini karena lebih steril dibandingkan dengan lap bahan. Menggunakan lap bahan yang berkali-kali, terutama jika kondisinya lembab malah justru akan jadi sarang kuman untuk berkembang biang.

"Ketika membersihkan permukaan dengan lap kain, mikroba pergi ke lap tersebut dan kemudian menyebar ke permukaan berikutnya dibersihkan," kata Sally.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.