Sukses

Teriakkan Wuhan Jiayo, Cara Warga Wuhan yang Terisolasi Saling Memberi Semangat

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus Corona yang bermula dari Wuhan, Cina dan telah merebak ke mana-mana membuat semua orang khawatir. Larangan bepergian ke China dilakukan oleh berbagai negara untuk mencegah penularan virus tersebut.

Tak hanya itu, Wuhan tempat asal merebaknya wabah itu bahkan diisolasi agar penyebaran virus Corona dapat dikendalikan. Dua buah rumah sakit juga akan dibangun di kota tersebut dengan gaya fasilitas yang dibangun Beijing selama epidemi SARS pada 2003.

Dengan semakin banyaknya korban yang berjatuhan akibat virus Corona, tak ada satu pun warga boleh keluar dari Wuhan. Warga Wuhan diminta tinggal di dalam ruangan dan tidak bepergian ke mana-mana.

Isolasi yang dilakukan pemerintah China terhadap Wuhan tak ada kejelasan hingga kapan akan berakhirnya. Hal ini tentu saja sangat membebani mental warga yang terisolasi di Wuhan.

 

Beredar di media sosial warga Wuhan yang saling memberikan semangat untuk bertahan dengan meneriakkan "Wuhan Jiayou." Teriakan tersebut dilakukan dengaan cara saling bersahut-sahutan oleh para penghuni apartemen di Wuhan.

 

2 dari 5 halaman

Wuhan Jiayou

Menurut akun @LasaniLogistics, "Wuhan Jiayou" sendiri berarti "Wuhan Be Strong/You Can do This."

 

Gerakan untuk saling menyemangati penduduk Wuhan tersebut amat berarti karena kondisi psikologis warga yang pasti tertekan sejak isolasi dilakukan.

 

3 dari 5 halaman

Respons Warganet

Gerakan saling menyemangati sesama warga Wuhan tersebut menyentuh warganet. Tak sedikit yang mengaku terharu dan menangis dengan aksi teriak saling menyemangati tersebut.

 

Warganet bisa membayangkan betapa membayangkan tinggal di kota yang terisolasi sementara belum ada jaminan sampai kapan isolasi tersebut diberlakukan pemerintah. Terlebih, mereka juga harus memerhatikan kesehatan masing-masing agar terhindar dari virus Corona.

"This is so heartbreaking to see them stuck indoor and also heartwarming to see them keep their solidarity. Just stay safe," tulis @definaas_.

"in the midst of panic and adversity, this survival group of citizen encourage others to keep going, it's so heartbreaking. I'd like to lend my voice too : Wuhan JiaYou," cuit akun @IkeYuliana88.

 

4 dari 5 halaman

Doa dan dukungan warganet

Gerakan saling menyemangati warga Wuhan tersebut menyentuh warganet. Warganet pun ikut berpartisipasi memberikan semangat bagi warga Wuhan yang masih terisolasi.

 

Mereka juga mendoakan wabah virus Corona bisa segera teratasi dan isolasi terhadap Wuhan bisa segera berakhir.

"Nangis denger suara anak2 semoga segera pulih masalah virus ini. wuhan jiayou," cuit akun @galuhh9_.

"Sumpah gw gak mungkin gk nangis apalagi pas denger suara anak-anak yg ikutan teriak saling menyemangati satu sama lain semoga #coronavirus cepet teratasi.... stay save semuanya dan jaga kesehatan," cuit @nafaiden2315.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Loading
Artikel Selanjutnya
Perempuan di Inggris Pingsan Usai Lindungi Temannya yang Jadi Korban Rasisme Akibat Corona
Artikel Selanjutnya
4 Negara Tutup Pintu untuk Iran Karena Virus Corona