Sukses

Bahaya, 5 Kebiasaan Buruk Ini Sering Kita Lakukan Saat Memakai Ponsel

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan smartphone bukan hal baru di era kemajuan teknologi ini. Bukan hanya kaum milenial melainkan juga usia lanjut. Smartphone sudah menjadi kebutuhan yang mendarah daging bagi semua kalangan. Penyebabnya karena banyak hal seperti tuntutan pekerjaan, pendidikan, kemajuan zaman, dan masih banyak lagi.

Smartphone yang canggih juga membuat kita menjadi kecanduan. Rasanya ingin terus melihat dan berada di dekat ponsel terus menerus. 

Berdasarkan informasi yang telah dilansir dari Brightside hasil penelitian menyatakan bahwa ada 5 hal yang salah dan sering kita lakukan saat menggunakan smartphone. Penasaran apa saja kelima hal tersebut? 

2 dari 7 halaman

1. Jangan Tidur Membawa Ponsel

Smartphone sama seperti radio memiliki fungsi mengalirkan gelombang sinya atau elektromagnetik yang berpengaruh untuk mata. Meskipun belum terbukti, penelitian terus menunjukkan bagaimana gelombang dapat mempengaruhi otak kita setelah terpapar berjam-jam.

Selain itu Smartphone juga bisa membangunkan kita dengan notifikasi yang masuk saat tidur dan sangat mengganggu waktu tidur. Jika tidak mungkin bagi kita untuk mematikan sepenuhnya atau menyimpannya di ruangan lain saat tidur, cobalah untuk aktifkan mode pesawat.

3 dari 7 halaman

2. Terkena Cahaya Biru Terlalu Lama

Cahaya yang keluar dari layar itu akan menekan otak dan mampu mengatur siklus tidur. Hal ini yang menyebabkan kita tidak boleh di dekat smartphone saat tidur. Cahaya biru tersebut juga menyebabkan sakit kepala, masalah pada mata, hingga gangguan penglihatan. Cobalah mengatur resolusi cahaya pada smartphone.

 

4 dari 7 halaman

3. Gunakan Sinyal Rendah

Ketika melihat sinyal lemah pada ponsel, itu harusnya kita segera mecari tempat yang lebih tinggi. Karena sinyal lemah berbahaya bagi kesehatan. Banyak ahli juga menyarankan menggunakan telepon rumah jika memang smartphone sedang mengalami sinyal lemah.

5 dari 7 halaman

4. Kontak Langsung dengan Kulit

Ada beberapa penelitian yang berfokus pada hubungan antara ponsel dan kanker, khususnya sinyal transmisi mereka yang sekitar 900 MHz, yang membuat ponsel Anda menjadi panas. Kulit akan menyerap panas dengan mudah dalam potongan-potongan kecil setiap kali Anda tetap dekat dengan tubuh.

Meskipun tidak ada efek terbukti lainnya dari radiasi frekuensi radio pada tubuh manusia, kami tahu fakta bahwa rasio penyerapan menurun secara dramatis ketika Anda menjaga jarak antara Anda dan ponsel .

Coba gunakan headset atau speakerphone saat menelepon. Agar tidak menyentuh Anda dan jika tidak menggunakannya, taruh ponsel jauh dari kita untuk jumlah paparan yang paling sedikit

6 dari 7 halaman

5. Melihat Layar Ponsel dengan Postur Tubuh yang salah

Posisi menunduk adalah posisi yang salah saat menggunakan ponsel. Ini dapat mengganggu kesehatan leher Anda.

Seiring berjalannya waktu, berat yang dirasakan leher Anda mungkin 5 kali lebih banyak dari berat kepala kita yang sebenarnya. Ini menyebabkan nyeri leher dan kelainan postur. Pegang telepon setinggi mata, jaga leher Anda selurus mungkin.

Penulis:

Ayu Ester Simanjutak

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ditinggal Kakek Mengantar Paket, Balita Kunci Diri di Mobil
Loading