Sukses

Nyeri Sendi, 5 Hal Ini Harus Kamu Ketahui untuk Bantu Redakan Rasa Sakitnya

Nyeri lutut adalah penyebab paling umum kedua dari sakit kronis.

Liputan6.com, Jakarta - Nyeri lutut adalah penyebab paling umum kedua dari sakit kronis. Saat mencoba menemukan apa penyebab nyeri sendi, sangat penting untuk memahami bahwa ini gejala berbahaya yang memerlukan pemeriksaan profesional yang mendalam.

Berikut ini 5 hal tentang nyeri sendi yang dapat membantu Anda meredakan rasa sakit tersebut. Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Kalsium dan vitamin D dapat meringankan rasa sakit

Ada studi di mana terbukti bahwa vitamin D dapat meredakan nyeri sendi. Juga tercatat bahwa persendian mulai lebih sakit ketika kekurangannya tidak diobati.

Sangat penting untuk mengonsumi vitamin D dengan kalsium. Itu tidak akan menyembuhkan Anda, tapi dapat mengurangi peradangan dan membuat tulang kuat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Diet dengan antioksidan dapat mengurangi peradangan

Diet yang tepat yang direkomendasikan oleh dokter, akan meredakan nyeri sendi. Ada beberapa makanan yang bisa membantu hal tersebut: ikan, minyak zaitun, buah-buahan, sayuran, dan teh rosehip. Rosehip juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi terhadap kerusakan sel.

 

3 dari 5 halaman

3. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kondisi Anda

Saat menderita sakit lutut, mungkin Anda tak bisa bergerak seperti orang sehat, tapi itu tidak berarti bahwa Anda harus menghindari semua aktivitas fisik. Bahkan berjalan jauh bisa cukup untuk membantu Anda tetap bugar.

Biasanya dokter merekomendasikan beberapa latihan khusus yang tak memberikan tekanan ekstra pada sendi. Silakan konsultasikan ke dokter tentang latihan jenis apa yang baik untuk Anda.

 

4 dari 5 halaman

4. Harus berhati-hati dalam menerapkan panas dan dingin

Ada beberapa kondisi di mana dilarang untuk menghangatkan tubuh Anda, termasuk mandi air panas, pijat, dan sauna. Hal yang sama berlaku untuk handuk dingin atau es batu.

Jika Anda mengalami nyeri sendi, langsung ke dokter dan minta tes yang tepat untuk menghindari konsekuensi berbahaya untuk lebih memahami apa yang bisa atau tak bisa Anda lakukan.

 

5 dari 5 halaman

5. Tak semua nyeri sendi adalah artritis

Terkadang sangat sulit untuk mendiagnosis seseorang dengan nyeri sendi. Banyak gejala penyakit serupa.

Jika Anda memiliki setidaknya satu sendi yang menyakiti Anda, Anda harus pergi ke rheumatologist. Hanya seorang profesional yang dapat membedakan artritis dari bentuk penyakit sendi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini