Sukses

Lewat Kartun Powerpuff Girls, Safe Steps Kids Ajarkan Anak Bertahan Hidup dari Bencana Alam

Liputan6.com, Yogyakarta - Saat bencana alam terjadi, anak-anak adalah kelompok yang paling rentan menjadi korban. Hal ini dikarenakan mereka tak memiliki pengetahuan dalam menghadapi bencana, terlebih pengetahuan dasar upaya menyelamatkan diri.

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Prudential Indonesia menghadirkan Safe Steps Kids. Ini merupakan kegiatan yang dilangsungkan dengan cara memberikan edukasi pada anak-anak agar mampu mengambil tindakan saat bencana alam terjadi.

 

 

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

Lewat kartun yang disukai anak, yaitu Powerpuff Girls, Safe Steps Kids memberikan serangkaian kiat-kiat yang mudah dipahami dan praktis, khusus untuk anak tentang cara bertahan hidup dalam keadaan darurat. Di acara PruRide Indonesia 2019, Prudential Indonesia memberikan simulasi lengkap tersebut kepada 100 anak sekolah dasar Yogyakarta.

Menurut Head of Community Investment Prudential Indonesia Anna Maria, program yang telah berjalan sejak Juli 2019 ini sudah mulai diajarkan di lima sekolah dasar di Jakarta dan Tangerang. Sementara di Yogyakarta, simulasi diberikan di We Do Village yang merupakan bagian dari PruRide Indonesia 2019.

"Target kita itu anak usia 7-12 tahun. Soalnya, mereka yang paling sering menjadi korban saat bencana alam terjadi," ujar Anna saat ditemui di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu (07/12/2019).

 

 

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa pemilihan kartun Powerpuff Girls sebagai media edukasi bukan tanpa alasan. Menurutnya, Safe Steps Kids yang merupakan program Prudence Foundation ini sengaja ingin mencari media paling tepat dalam menarik minat anak-anak. Bekerja sama dengan Cartoon Network Channel, kartun Powerpuff Girl pun kemudian disisipi dengan konten lokal berbahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti.

"Kali ini kita pakai Powerpuff Girl untuk membagikan materi cara menghadapi bencana. Nanti ada We Bare Bears yang mengedukasi first aid. Ke depannya mungkin ada kartun lainnya juga," kata dia.

 

 

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

Kepala Pusat Pelatihan dan Pendidikan PMI Pusat Dwi Hariyadi menjelaskan bahwa kegiatan Safe Steps Kids tersebut sangat tepat guna. Media yang digunakan oleh Prudential Indonesia menyasar target lebih spesifik sehingga hasil yang dicapai pun sesuai harapan.

"Ada empat materi yang diberikan, yaitu banjir, kebakaran, gempa bumi, dan topan. Semuanya dapat ditonton dengan leluasa oleh anak-anak. Sementara di PruRide ini, anak-anak diberikan simulasinya langsung lewat permainan menyenangkan," ujar Dwi.

 

 

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Karena butuh izin dalam memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah, untuk saat ini Safe Steps Kids baru diberikan di lima sekolah di Jakarta dan Tangerang. Ke depannya, akan semakin banyak sekolah yang disasar terlebih yang berada di daerah rawan bencana agar anak-anak semakin awas saat bencana alam terjadi.

Video edukatif Safe Steps Kids dapat ditonton di www.safestepskids.com.

Loading
Artikel Selanjutnya
Perkuat Pangsa Pasar, Prudential Luncurkan Produk Baru
Artikel Selanjutnya
Program Wirausahawan Muda Prudential Tingkatkan Kualitas Hidup Anak Muda Papua