Sukses

8 Kerutan di Wajah yang Bisa Ungkap Kesehatan Tubuhmu

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit mulus di wajah tentu idaman setiap individu. Namun, munculnya kerutan atau keriput menjadi bagian alami dari penuaan.

Selain menunjukkan usia, setiap kerutan di bagian wajahmu ternyata memiliki makna tersendiri dan bisa mengungkapkan banyak hal tentang tubuh dan kesehatanmu. Berikut beberapa kerutan di wajah yang menjadi tanda kesehatan tubuhmu, seperti melansir Brightside, Kamis (28/11/2019).

1. Garis Dahi

 

Garis horisontal yang muncul di dahimu biasa disebut "garis khawatir." Jika kamu memiliki garis-garis ini di dahimu, itu menunjukkan bahwa dirimu menahan sejumlah besar stres setiap hari.

Selain itu, garis-garis ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu mengkonsumsi gula dalam jumlah besar dan tidak cukup air. Jadi, jika kamu memiliki garis-garis ini, coba lakukan diet dan melakukan hobi yang menurutmu menenangkan ya.

2 dari 9 halaman

2. Kaki Gagak

Kaki gagak mengacu pada garis yang memancar keluar dari sisi matamu. Jika kamu memiliki kaki gagak yang menonjol, itu bisa berarti kamu tersenyum dengan menggerakkan wajahmu sedemikian rupa sehingga memunculkan garis-garis ini.

Tapi, itu juga bisa berarti bahwa kamu memiliki masalah dengan penglihatanmu dan bahwa kamu sering menyipit untuk mencoba melihat lebih baik.

Selain itu, kaki gagak terhubung dengan organ-organ seperti hati, ginjal dan perut. Jika kamu memperhatikan bahwa garis-garis ini pada sisi matamu menjadi semakin nyata, ini bisa berarti bahwa kamu harus lebih berhati-hati dalam dietmu.

3 dari 9 halaman

3. Lingkaran atau Kantung di Bawah Mata

Lingkaran di bawah matamu atau kantung mata muncul karena tidak cukup tidur. Itu yang menyebabkan mata kendor dan seolah-olah kita memiliki tas di bawah mata. Namun, lingkaran di bawah mata juga menjadi indikator kondisi kesehatan lainnya.

Memiliki kantong di bawah matamu secara teratur, bahkan ketika kamu banyak tidur, bisa mengindikasikan ginjal yang lebih lemah dan sirkulasi yang buruk.

Dalam situasi ini, cobalah latihan seperti yoga atau jogging ringan untuk meningkatkan sirkulasimu.

4 dari 9 halaman

4. Perubahan Warna Pada Pipi

Area nyeri pada pipi mengindikasikan masalah kesehatan tertentu seperti masalah paru-paru. Jika kamu melihat perubahan warna tertentu pada pipi, maka kamu mungkin mengalami masalah paru-paru, dan jika kamu kesulitan bernapas, kamu harus segera pergi ke medis.

Kelembutan pada pipi juga berhubungan dengan masalah pencernaan. Dalam hal ini, kamu bisa meningkatkan dietmu. Latihan sehat lain yang meningkatkan pencernaan dan kesehatan paru-paru adalah jogging.

5 dari 9 halaman

5. Hidung Merah

Meskipun kondisi ini lumrah terjadi saat cuaca dingin, namun jika hidungmu menjadi kemerahan dalam keadaan normal lainnya, mungkin ada hubungannya dengan sirkulasi atau jantungmu.

Hidung terhubung ke jantung dan bisa menunjukkan masalah tertentu dengan tekanan darahmu.

Jika kondisi ini terjadi terus menerus, kamu perlu memeriksakannya ke dokter. Jika tidak ada yang serius, hidung merah mungkin berarti kamu harus mengurangi kopi dan makanan pedas.

Selain itu, makanan yang kaya asam lemak, seperti alpukat menjadi cara yang paling baik untuk meningkatkan kesehatanmu dan mengatur tekanan darahmu.

6 dari 9 halaman

6. Garis Mulut

Garis-garis yang muncul di sisi mulut terhubung dengan usus besar. Jika kamu perhatikan bahwa garis-garis ini semakin terlihat dalam waktu singkat, mungkin tubuhmu memberi sinyal bahwa usus besarmu tidak sehat seperti seharusnya.

Untungnya, usus besar adalah bagian dari tubuh yang mudah direvitalisasi dan dikembalikan ke bentuk ujung atas. Minum banyak cairan, makan makanan yang kaya vitamin D, dan berolahraga secara teratur adalah beberapa cara terbaik untuk mempertahankan usus besar yang sehat.

7 dari 9 halaman

7. Garis Bibir Atas

Memiliki garis-garis vertikal pada bibir atasmu adalah kejadian biasa di kalangan perokok. Meski bibir semakin mengempis seiring bertambahnya usia, penyebab utama garis bibir vertikal adalah merokok dan paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain itu, gerakan berulang seperti minum melalui sedotan juga menjadi penyebab munculnya garis-garis ini.

8 dari 9 halaman

8. Garis di Bawah Bibir

Garis yang muncul tepat di bawah bibir dan di atas dagu, berarti kamu menimbun energi negatif. Energi negatif tentu buruk bagi kesehatanmu secara keseluruhan, dan ini bisa tercermin dari garis di bawah bibir.

Jika kamu memperhatikan bahwa garis di bawah bibir semakin menonjol, pastikan untuk meluangkan waktu bersantai dan melepaskan semua perasaan negatif yang kamu simpan.

9 dari 9 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading