Sukses

Laskar Indonesia Pusaka Bakal Menampilkan Pertunjukan Wayang Orang ‘Sang Sukrasana’

Wayang orang 'Sang Sukrasana' siap meramaikan hari wayang nasional pada bulan November mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 November 2019, Laskar Indonesia Pusaka mempersembahkan sebuah karya yang diangkat dari tokoh wayang asli Indonesia, yaitu ‘Sang Sukrasana’.

Pagelaran yang akan berlangsung pada 17 November 2019 ini turut melibatkan, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, Asmara Abigail, Ruth Marini, Inayah Wahid, Tina Toon, Dewi Sulastri, Kenthus Ampiranto, Ali Marsudi serta Prajurit TNI dan juga POLRI.

Jaya Suprana selaku penggagas ide dari wayang orang ‘Sang Sukrasana’ mengungkapkan bahwa, alasanya mengangkat tokoh Sukrasana tersebut karena, ia sangat menyukai kisah Sukrasana yang dianggap mirip dengan keadaan negeri ini.

“Kenapa saya suka sekali dengan Sukrasana ini, karena berasal dari rasa sedih saya. Bagaimana rakyat pada saat kampanye pemilu itu dieluh-eluhkan, dipuja-puja, dirayu. Wah pokonya seolah-olah menimbulkan kesan bahwa, negara dan bangsa ini akan dipersembahkan kepada rakyat. tapi kalau sudah pemilunya selesai ternyata rakyatnya dilupakan dan bukan hanya dilupakan, kadang-kadang di dupa (tendang) juga,” tutur Jaya Suprana dalam konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya (31/10/19).

Jaya Suprana juga mengatakan bahwa ia sangat bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia, ia bahkan sempat meneteskan air matanya saat menyaksikan sedikit cuplikan adegan ‘Sang Sukrasana’.

‘Tadi waktu saya menyaksikan teman-teman menampilkan sedikit adegan, saya tidak pernah bisa menahan air mata saya. Air mata terharu ya, saya bangga menjadi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Misi Penyelenggaraan Wayang Orang

Dalam pagelaran wayang orang ini, Laskar Indonesia Muda mengemas ‘Sang Sukrasana’ dengan cukup modern dan menampilkan visual serta multimedia yang ciamik. Untuk misi penyelenggaraan wayang orang ini, Aylawati Sarwono selaku Produser ‘Sang Sukrasana’ ini mengungkapkan bahwa, ia ingin pemuda Indonesia lebih mengetahui wayang orang tersebut dan lebih mencintai pusaka Indonesia.

“Supaya generasi muda itu tahu dulu, kita tuh punya pusaka yang indahnya luar biasa ini yang harus kita jaga jangan sampai punah,” kata Aylawati Sarwono di  Galeri Indonesia Kaya.

3 dari 3 halaman

2. Alasan Lukman Sardi Memerankan Sukrasana

Aktor kenamaan seperti Lukman Sardi pun ikut andil dalam penayangan wayang orang bertema ‘Sang Sukrasana’ dengan memerankan tokoh utama yaitu Sukarsana.

Dalam konferensi pers, ia mengungkapkan alasannya terlibat dalam pagelaran wayang orang tersebut. Ia mengatakan bahwa tidak memiliki alasan untuk menolak dalam proyek yang sedang dikerjakannya kali ini. Karena menurutnya kebudayaan adalah senjata untuk melawan apapun, dari budaya tersebutlah kita memiliki jati diri sebagai bangsa Indonesia.

“Buat saya gak ada alasan untuk saya menolak, untuk saya bisa tampil di ‘Sang Sukrasana’,” tuturnya pada saat konferensi pers di Galeri Indonesia Kaya.

 

Penulis: Natania Longdong

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.