Sukses

Menumbuhkan Rambut hingga Hilangkan Selulit, 6 Manfaat Ampas Kopi yang Tak Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang membuang ampas kopi begitu saja. Padahal, itu dapat digunakan untuk berbagai hal.

Ampas kopi dapat digunakan untuk segala hal mulai dari membersihkan hingga menumbuhkan rambut. Berikut beberapa manfaatnya seperti dilansir dari Mashed.

1. Membantu menumbuhkan rambut

Tahukah Anda, ampas kopi dapat menumbuhkan rambut rontok? Dalam sebuah studi di mana kafein dipakaikan ke kulit kepala orang-orang dengan alopecia, itu terbukti memperbesar akar rambut, memperpanjang tahap pertumbuhan rambut, dan menyebabkan daerah tersebut menghasilkan lebih banyak keratin untuk pertumbuhan rambut.

Anda dapat mencoba perawatan pertumbuhan rambut ini dengan membuat pasta kental yang terbuat dari ampas kopi dan minyak pilihan Anda. Kemudian, gosokkan campuran itu ke akar rambut selama 5-10 menit di bawah pancuran dan bilas. Lanjutkan dengan sampo kesukaan Anda.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Menyamarkan selulit

Selulit sulit untuk dihilangkan dan 90 persen wanita mendapatkannya seumur hidup. Tak perlu malu dengan adanya selulit, namun bila Anda ingin menyamarkannya, cobalah ramuan ampas kopi ini.

Melansir dari Elle, mulailah dengan sedikit pengelupasan kulit. Kemudian campur ampas kopi dengan minyak kelapa untuk membuat lulur buatan sendiri. Jadikan itu bagian dari rutinitas mandi.

Kafein telah terbukti mengurangi penampilan selulit dengan meningkatkan sirkulasi dan memecah benjolan yang terbentuk di bawah kulit. Ini menghasilkan kulit yang lebih halus dan lembut.

 

3 dari 7 halaman

3. Menghilangkan bau tak sedap di kulkas

Lemari es punya kecenderungan untuk menjebak bau di dalamnya, seperti bau bawang, daging, dan lainnya. Menghilangkan bau-bauan tersebut hanya perlu beberapa menit dan beberapa sendok bubuk kopi.

Melansir dari LifeHacker, bubuk kopi tersebut dapat Anda taruh di tempat tanpa tutup, kemudian taruuh di dalam kulkas. Proses penghilangan bau akan memakan waktu beberapa hari. Sementara itu, Anda dapat menikmati aroma kopi saat membuka kulkas Anda.

 

4 dari 7 halaman

4. Menghilangkan bau bawang di tangan

Sehabis memotong bawang, bau yang tertinggal di tangan sulit untuk dihilangkan. Emily Han dari Kitchn menyarankan menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan bau tersebut.

Caranya gampang: ambil segenggam ampas kopi dan gosokkan ke tangan, jari, dan kuku sampai bau bawang itu hilang. Cuci tangan dan Anda akan mendapati bau bawang tersebut telah hilang.

 

5 dari 7 halaman

5. Menggosok panci dan wajan yang sulit dibersihkan

Kekasaran bubuk kopi juga membuatnya sempurna untuk menggosok panci dan wajan yang sulit dibersihkan. Ground to Ground merekomendasikan untuk membiarkan ampas kering di bawah sinar matahari lalu ditaburkan ke panci dan wajan yang kotor.

Setelah itu, cukup gunakan kain untuk menggosoknya, beri tekanan kuat tapi lembut dan sedikit minyak. Sifat abrasif ampas akan membuatnya bersih kembali.

 

6 dari 7 halaman

6. Mengusir nyamuk

Ampas kopi juga dapat digunakan untuk mengusir nyamuk. Sebuah studi pada tahun 2015 menunjukkan bahwa nyamuk tak menyukai kopi. Sebagian besar nyamuk betina menolak bertelur di air yang mengandung ampas kopi dan jika mereka melakukannya, larva yang menetas tak akan berkembang dengan benar.

Tak hanya mengusir nyamuk, ampas kopi juga dapat membuat rumah dan halaman Anda tak nyaman bagi hama seperti semut, tawon, lebah, dan serangga lainnya. Cukup tuang ampas kopi di bagian yang diinginkan untuk membuatnya kabur.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bermata Juling, Kucing Ini Justru Bikin Warganet Gemas
Loading