Sukses

Mengawetkan Foto hingga Jeans, 6 Manfaat Freezer yang Tak Kamu Ketahui

Freezer awam digunakan untuk menyimpan makanan beku atau es krim.

Liputan6.com, Jakarta - Freezer awam digunakan untuk menyimpan makanan beku atau es krim. Padahal, ada beberapa kegunaan freezer lainnya yang tak Anda ketahui sebelumnya.

Apa saja? Melansir dari eHow, ini dia.

1. Meregangkan sepatu

Terkadang setelah membeli sepatu, apalagi secara online, Anda baru menyadari bahwa ukurannya tidak pas atau sempit. Ketimbang sepatu itu berakhir di lemari, Anda dapat menggunakan freezer untuk membuatnya meregang.

Caranya, isi dua kantong Ziplock dengan air, sisakan 2,5 cm ruang kosong antara garis air dan segel. Masukkan kantong Ziplock pertama ke ujung sepatu dan ruang yang tersisa disi dengan kantong Ziplock yang lain.

Taruh dalam freezer dan biarkan 2-3 hari air di dalamnya membeku. Ini akan meregangkan sepatu dan membuatnya muat di kaki Anda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Menyelamatkan dokumen dan foto yang terendam air

Bila Anda mengalami kebanjiran, kemudian foto dan dokumen terendam air, freezer dapat membantu Anda menyelamatkan foto, buku, dan dokumen tersebut.

Caranya, bungkus dokumen, buku, atau foto dalam kertas lilin atau kertas freezer. Taruh di dalam freezer selama 1-8 minggu.

 

3 dari 6 halaman

3. Mencuci jeans tanpa air dan sabun

Jeans yang sering dicuci lama kelamaan bisa longgar. Padahal Anda amat menyukai bokong Anda yang pas saat memakainya.

Lupakan cara mencuci konvensional. Letakkan celana jeans tersebut di dalam freezer.

Caranya, masukkan terlebih dahulu ke kantung plastik atau sarung bantal. Biarkan 1-2 hari agar freezer membunuh bakteri bau.

 

4 dari 6 halaman

4. Mendinginkan selimut

Tidur di malam hari pada musim kemarau dapat menjadi tantangan tersendiri. Terlebih dengan cuaca yang begitu panas sementara Anda tak memiliki AC. Ada cara mudah agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Taruh seprai dan sarung bantal di dalam kantong plastik dan biarkan dalam freezer selama 1-3 jam. Pasang sebelum tidur dan Anda akan tidur dengan pulas.

 

5 dari 6 halaman

5. Menyimpan baterai dan lilin darurat

Anda tak bisa menebak kapan pemadaman listrik terjadi. Baterai dan lilin darurat sebenarnya akan lebih awet bila disimpan di freezer.

Lilin dingin meleleh lebih lambat sementara menyimpan baterai di freezer akan membuatnya mempertahankan dayanya lebih lama. Pastikan untuk menjaga mereka tertutup rapat dan dibiarkan ke suhu kamar terlebih dahulu sebelum digunakan.

 

6 dari 6 halaman

6. Melepas permen karet yang terinjak sepatu

Tentu mengesalkan saat permen karet menempel di sepatu. Ketimbang membuatnya melebar, Anda dapat membersihkannya dengan mudah lewat bantuan freezer.

Caranya, tekan selembar kertas ke dalam permen karet dan kemudian masukkan sepatu ke dalam freezer selama 1-2 jam. Niscaya permen karet yang membeku dan menempel di kertas akan terlepas dengan mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.