Sukses

Diminati Pelaku UMKM di Bandung, Program Samsung OneWeek Berdayakan Wanita Pebisnis Mandiri

Liputan6.com, Jakarta - Program Samsung OneWeek telah berjalan sejak Senin (15/7) lalu. Nampaknya program ini sangat diminati oleh para pelaku UMKM wanita di daerah Bandung. Bagaimana tidak, sebanyak lebih dari 200 pemilik usaha telah mendaftarkan diri mereka.

Hingga akhirnya dipilih 84 peserta untuk dapat melakukan pelatihan tentang dasar-dasar pemasaran, pemanfaatan internet dalam berbisnis, hingga praktik fotografi.

Jumlah tersebut menjadi bukti bahwa program ini sangat diminati oleh banyak pelaku usaha wanita untuk mengembangkan bisnis mereka. Selama satu minggu, para karyawan Samsung Electronics Co. Ltd yang menjadi relawan memberikan pelatihan berupa workshop dan praktik langsung kepada 84 peserta tersebut.

 

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk masing-masing kelompoknya akan menjalani pelatihan selama dua hari. Setiap kelompok dibimbing oleh dua tutor yang merupakan karyawan Samsung dan satu mahasiswa Bahasa Korea UPI sebagai penerjemah.

Para relawan Samsung yang menjadi tutor dalam pelatihan ini berasal dari berbagai background pekerjaan. Mulai dari karyawan di bidang marketing, UI designer, hingga engineers. Mereka bahkan telah mempersiapkan materi pelatihan sejak 3 bulan lalu.

Min Yong Hwang, selaku Samsung OneWeek Program Leader mengatakan Samsung memiliki karyawan dengan kepedulian sosial yang tinggi dan tergerak untuk memanfaatkan talentanya guna membantu masyarakat luas.

“EVP merupakan salah satu cara kami untuk menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan perusahaan. Keberadaan Samsung di banyak negara yang memiliki beragam kondisi sosial dan ekonomi membuat kami memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih," ujar Min Yong Hwang.

Salah seorang peserta yang merupakan pelaku usaha online asal Panghegar bernama Vita mengaku sangat sangat mengikuti program ini.

"Alhamdulillah dapet ilmu dan pengalaman baru terlebih lagi dari orang Korea langsung, tentunya setelah ini langsung diaplikasikan ke bisnis online saya," papar Vita kepada tim Citizen6-Liputan6.com.

2 dari 2 halaman

Kali Keempat di Indonesia

Tahun ini rupanya merupakan tahun keempat aksi EVP dari Samsung Electronics Co.Ltd kembali dilakukan di Indonesia. Tahun lalu EVP diadakan di Yogyakarta dengan program memberikan pelatihan kepada beberapa usaha rintisan (start-up).

Sementara dua tahun berikutnya, kegiatan EVP dilakukan di Bekasi dengan berfokus pada bidang pendidikan untuk memperbaiki sekolah dan membangun ruang kelas IT beserta perangkat pendukungnya.

Sejak diluncurkan tahun 2010 lalu, sekiranya ada lebih dari 1.500 karyawan yang berpartisipasi dan mengunjungi hingga 43 negara untuk menjalani program ini termasuk di Indonesia.

Tahun ini Indonesia kembali terpilih menjadi salah satu penerima manfaat dari program Samsung OneWeek Programe, di antara negara lain seperti Kamboja, Kazakhstan, Thailand, Nepal dan Hungaria.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Samsung Umumkan Galaxy A30s dan Galaxy A50s
Artikel Selanjutnya
Tukar iPhone ke Galaxy Note 10 Cukup Tambah Rp 800 Ribuan