Sukses

Kreatif, 7 Youtuber Ini Ciptakan Lagu dari Komentar-Komentar Negatif

Liputan6.com, Jakarta - Fitur komentar di media sosial memang dapat membuat orang di dunia maya bersosialisasi dan berdiskusi. Komentar positif tentu akan membangun dan membuat senang. Tapi tak jarang ada pula komentar negatif atau hate comments.

Beberapa komentar negatif bisa jadi sangat jahat dan menyakitkan. Lalu, bagaimana cara kamu menghadapi komentar negatif?

Setiap orang memiliki caranya sendiri menghadapi komentar negatif ini. Ada yang membalas komentarnya, ada pula membiarkannya.

Lain halnya dengan yang dilakukan beberapa youtuber ini. Mereka mengumpulkan komentar negatif yang mereka dapat dan menjadikannya sebuah lagu!

Berikut beberapa youtuber yang membuat lagu dari komentar negatif (hate comment) yang mereka dapat.

2 dari 7 halaman

1. Colleen Ballinger

YouTuber Colleen Ballinger mengunggah video berisi dirinya yang menyanyikan komentar- komentar negatif. Video berdurasi 2menit 47 detik tersebut diberi judul "MEAN COMMENTS - an original song". Video itu pun kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali.

Di akhir video, dirinya mengaku memang mendapat komentar negatif, tapi tetap mendapat banyak komentar positif. Dia pun berharap orang-orang tetap memberikan komentar yang mendukung.

Colleen mengunggah video itu pada 8 September 2016 dan menginspirasi YouTuber lainnya untuk melakukan hal serupa.

3 dari 7 halaman

2. Madilyn Bailey

Baru-baru ini, YouTuber Madilyn Bailey mengunggah video berisi lagu yang liriknya hanya berupa komentar negatif. Video berdurasi 3 menit 46 detik itu diunggah 5 Juli 2019 dan telah ditonton lebih dari 401 ribu kali.

Setelah 10 tahun menjadi YouTuber, dirinya mengaku mendapatkan banyak komentar negatif. Di akhir video, Madilyn menyampaikan maksudnya menyensor nama dan foto profil dari pengirim komentar negatif itu karena tak ingin menimbulkan lebih banyak komentar negatif.

4 dari 7 halaman

3. Elise Ecklund

Terinspirasi dari Madilyn Bailey, Elise Ecklund pun membuat lagu dari komentar-komentar negatif. Tak hanya sekali, YouTuber ini telah melakukannya tiga kali. Video pertamanya diunggah 10 Juli 2018 dan yang terbaru diunggah dua bulan lalu pada 16 April 2019.

Di bagian video terbarunya, Elise mengatakan dirinya mendapat banyak komentar negatif yang kreatif dan dramatis. YouTuber ini pun melihatnya sebagai seni dan megubahnya menjadi lagu.

5 dari 7 halaman

4. Social Repose

Richard M. Giese dengan akun Social Repose pun membuat lagu dari komentar-komentar negatif.

YouTuber yang juga penyanyi dan penulis lagu ini mengunggah video berjudul 'I Wrote A Song Using Only Hate Comments' yang berdurasi 2 menit 46 detik. Video itu pun telah ditonton lebih dari 2 juta kali.

Meski mendapat komentar negatif, dirinya tetap berkarya. Di kolom desripsinya, Social Repose menuliskan, "With good hate comments comes good music"

6 dari 7 halaman

5. Mr. Grande

YouTuber dengan akun Mr. Grande pun membuat lagu dari komentar negatif. Bukan hanya menyanyikan hate comments dengan genre pop, dirinya menjadikan komentar negatif menjadi lagu rap. Di video lainnya, Mr. Grande bahkan melakukan battle rap dengan hate comments.

7 dari 7 halaman

6. Della Tiro

Bukan hanya YouTuber luar negeri, ada juga YouTuber Indonesia, Della Tiro yang mengunggah videonya pada 6 September 2018.

Video itu berdurasi 10 menit 22 detik. Itu bukan keseluruhan lagunya. Sejak menit ke 3.52, lagu itu selesai dan dilanjutkan oleh narasi Della soal haters dan bullying.

Alasan pembuatan video itu karena ingin mengubah komentar negatif itu menjadi hal positif. Della pun berpesan, "Jangan terlarut-larut dengan hal negatif atau masalah dalam hidup kita, melainkan kita harus semangat mencari cara mengubah hal itu menjadi hal yang positif."

 

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

 

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Bisa Tirukan Suara 10 Penyanyi Indonesia, Mirip Banget
Artikel Selanjutnya
Survei: 30 Persen Anak Muda Bercita-Cita Jadi Youtuber