Sukses

Makan 4 Almond Setiap Hari, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu

Kandungan almond memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Cobalah makan 4 almond setiap hari dan rasakan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Almond merupakan salah satu makanan yang penuh protein, vitamin, dan serat. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, obesitas, dan diabetes.

Almond memang memiliki kandungan kalori, jadi kamu tetap perlu memakannya dengan jumlah yang tepat.

Melansir dari Hhdresearch, Senin (15/7/2019), cobalah makan empat almond per hari secara rutin. Dalam satu ons almond, kamu akan mendapat 3,5 gram serat, 6 gram protein, dan 9 gram lemak tak jenuh tunggal. Almond pun masih memiliki kandungan lainnya seperti vitamin E, magnesium, dan kalsium.

Kamu boleh memakan lebih dari empat almond, tapi jangan berlebihan. Agar kalori tetap terjaga, batas memakan almond yang tepat adalah satu ons per hari atau 23 kacang almond. Kamu juga bisa mengonsumsi olahan almond seperti tepung dan susu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Almond

Berikut deretan manfaat untuk tubuhmu jika mengonsumsi empat almond setiap hari.

1. Kolesterol baik

Almond dapat mengurangi kolesterol buruk dan meningkatkan kolestrol baik. Hal ini penting untuk menghindari risiko kesehatan seperti serangan jantung dan stroke.

Memakan almond saat memakan makanan tidak sehat seperti keripik atau permen pun dapat mengurangi kolesterol buruk hingga 10%.

2. Rambut yang lebih kuat dan berkilau

Kandungan magnesium dan zinc dalam almond dapat memicu pertumbuhan rambut. Vitamin E dalam almond pun dapat membuat rambut lebih kuat, dan vitamin B membuat rambut lebih berkilau natural.

Selain dikonsumsi, minyak almond pun sudah biasa digunakan untuk mencegah ketombe dan menghaluskan rambut.

3 dari 5 halaman

Manfaat lainnya

3. Mengurangi risiko serangan jantung

Kandungan almond seperti serat, vitamin E, dan asam lemak omega 3 dapat bermanfaat bagi kesehatan hati. Untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan jantung yang maksimal, usahakan untuk memakan cangkang almondnya juga.

4. Mengurangi keriput

Penuaan dini dapat dicegah salah satunya dengan mangan dan vitamin E dalam almond. Mangan adalah salah satu protein yang dapat memproduksi kolagen.

Kolagen dapat membuat kulit tetap kencang dan lembut. Vitamin E bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi UV dari sinar matahari yang menyebabkan dark spots dan keriput.

4 dari 5 halaman

Baik untuk pencernaan

5. Pencernaan yang lebih baik

Cangkang almond merupakan sumber prebiotik yang bagus. Ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita. Bakteri baik bertanggung jawab dalam metabolisme nutrisi dari makanan dan obat-obatan.

Penelitian terbaru pun menunjukkan bahwa mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung.

6. Mempermudah menurunkan berat badan

Meski almond mengandung banyak lemak dan kalori, almond dapat membantu menurunkan berat badan. Ini karena almond akan membuat kamu lebih merasa kenyang sehingga membatnmu menghindari makanan tidak sehat.

5 dari 5 halaman

Baik untuk otak

7. Meningkatkan aktivitas otak

Asupan vitamin E yang banyak dapat membantu mencegah penurunan kognitif. Magnesium dalam almond pun dapat memperkuat saraf di otak. Protein pun membantu memperbaiki sel-sel otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif.

Penulis:

Santi Muhrianti

Universitas Padjadjaran

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.