Sukses

Selalu Merasa Lelah, 7 Kondisi Medis Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Berapa banyak dari Anda yang merasa kelelahan sepanjang waktu? Ini ternyata bisa menjadi penanda masalah yang lebih besar.

Ada sejumlah kondisi medis yang dapat menyebabkan rasa lelah sepanjang waktu. Berikut beberapa di antaranya:

1. Depresi

Depresi dapat menjadi biang kerok mengapa Anda selalu merasa lelah. Depresi muncul sebagai rasa lelah sepanjang waktu, tak ingin bangun dari tempat tidur di pagi hari, atau tidur tak nyenyak di malam hari.

Konsultasi dengan dokter jika ini yang Anda rasakan. Beberapa orang mencoba 'mengobati' diri mereka sendiri dengan minum alkohol, padahal ini hanya akan menyebabkan kelelahan lebih lanjut.

2. Anemia

Anemia umumnya merupakan penyebab paling umum seseorang menjadi terlalu lelah. Ini biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi sehingga darah tak membawa oksigen cukup ke seluruh tubuh.

 

2 dari 3 halaman

3. Terlalu banyak tidur di akhir pekan

Tidur di akhir pekan terdengar menyenangkan, tapi bila berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih lelah selama seminggu. Memanfaatkan akhir pekan untuk 'mengganti' waktu tidur yang kurang sebelumnya bukanlah ide yang bagus.

Yang paling tepat adalah berusaha menggantinya sedikit demi sedikit setiap hari sehingga kebutuhan tidur yang disarankan terpenuhi. Dalam hal ini, 7-9 jam bagi orang dewasa.

4. Infeksi

Kelelahan berkepanjangan juga dapat menjadi pertanda infeksi kronis seperti penyakit Lyme atau mononukelosis. Infeksi ini timbul dengan kelelahan ekstrem. Konsultasikan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

5. Diabetes

Diabetes menyebabkan kadar glukosa darah yang tinggi. Ini mengganggu sirkulasi darah dan mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan sel untuk memberi Anda energi. Ketika kadar gula darah rendah, tubuh akan merasa lelah karena tidak adanya cukup bahan bakar untuk beraktivitas.

 

3 dari 3 halaman

6. Gagal jantung

Tubuh Anda cerdasa dan akan melakukan apapun agar organ vital dapat berfungsi penuh. Bila mengalami gagal jantung, tubuh tidak selalu mengikuti tuntutannya sendiri dan akan mengalihkan aliran darah dari jaringan ke organ.

Ketika otot tak mendapat jumlah darah yang tepat, Anda akan merasa kelelahan.

7. Sensitivitas makanan

Saat Anda tidak makan dengan baik, tubuh akan bereaksi. Bila tubuh memiliki kepekaan terhadap makanan tertentu, tubuh bisa menjadi terasa lelah.

Banyak makan olahan dapat membuat sel-sel usus menjadi lebih longggar dan protein yang seharusnya tak ada dalam aliran darah, bocor ke aliran darah sehingga menciptakan respons radang. Ini berakibat pada kemurungan, kembung, dan kelelahan. Biasanya dapat terjadi pada sensitivitas terhadap makanan seperti susu dan gandum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading