Sukses

Berbagi Isi Kulkas, Tradisi Unik di Dubai Saat Bulan Ramadan

Tradisi ini rupanya juga dilakukan setiap tahun di bulan Ramadan dan disebut sebagai aksi Sharing Fridges atau berbagi kulkas.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepatutnya kita saling berbagi di bulan suci Ramadan ini. Di Indonesia sendiri, berbagai takjil gratis menjadi hal yang biasa dilakukan. Biasanya takjil gratis bisa kita dapatkan di masjid-masjid atau jalanan.

Rupanya cara unik dilakukan masyarakat di Dubai, Uni Emirat, Arab, ntuk berbagi ke sesama umat di bulan Ramadan. Selain membagikan makanan di jalan-jalan dan masjid, banyak pula yang membagikan berbagai makanan yang ada di dalam lemari es mereka kepada orang yang membutuhkan.

Konsepnya ialah kulkas diletakkan di beberapa lokasi. Lokasi tersebut kemudian akan dibagikan di media sosial dan orang-orang bisa menyumbangkan makanan maupun minuman ke dalam kulkas tersebut. Nantinya orang-orang yang membutuhkan bisa mengambilnya sendiri secara gratis.

Tradisi ini rupanya juga dilakukan setiap tahun di bulan Ramadan dan disebut sebagai aksi Sharing Fridges atau berbagi kulkas. Setidaknya sudah ada 202 kulkas yang ditempatkan di berbagai sudut di Dubai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak Tahun 2016

Nyatanya tradisi ini telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Seorang ekspatriat asal Belanda, Fikra Yel, baru-baru ini membagikan bagaimana awal mulai hal ini terjadi kepada Gulf News. Tahun 2016, Fikra pindah dari Meadows ke Jumerah Park.

Sebelum pindah rumah, dirinya mendonasikan kulkasnya ke seorang teman, Sumayyah Sayed yang tinggal di Meadows. Sumayyah lantas memutuskan membuat Facebook group untuk mengumpulkan para relawan membantunya mengisi penuh kulkas tersebut.

Isi kulkas tersebut yang akan berguna untuk para pekerja di daerah sekitar. Pada akhir Ramadan 2016, inisiasi ini sudah sangat berkembang dan jumlah kulkas yang digunakan untuk mendonasikan makanan dan minuman untuk masyarakat dan komunitas setempat juga bertambah hingga 170 kulkas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.