Sukses

Awas, Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Jadi Gemuk Meski Berpuasa

Ada beberapa pola makan yang harus dihindari jika tak mau tambah gemuk usai bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa pola makan sebagian besar orang tentu berubah. Di bulan Ramadan, kebanyakn orang makan hanya dua kali dalam sehari yakni saat sahur dan berbuka.

Namun mengapa justru banyak yang mengeluhkan berat badan justru naik saat berpuasa? Nyatanya hal ini lantaran pola makan yang salah. Kenaikan berat badan saat puasa memang dipengaruhi oleh faktor pola makan.

Oleh karena itu ada beberapa pola makan yang harus dihindari jika tak mau tambah gemuk usai bulan Ramadan. Kebiasaan pertama adalah hindari melewatkan makan sahur.

Sahur adalah waktu untuk mencukupi energi untuk seharian beraktivitas. Jika melewatkan sahur, kalian justru memiliki dorongan untuk makan terlalu banyak karena kelaparan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kebisaan kedua yang harus dihindari adalah makan makanan manis saat berbuka. Makanan manis memang diperlukan saat berbuka puasa untuk metabolisme dasar tubuh, tapi porsinya jangan berlebihan ya.

Usahakan untuk jangan langsung makan makanan berat ketika berbuka puasa. Saat buka puasa ada baiknya isi perut dengan makanan yang ringan dulu untuk mengisi volume lambung. Agar tak kaget sebaiknya awal berbuka dengan air putih dan dilanjutkan dengan makanan-makanan yang ringan.

Reporter: Ivana Okta

Sumber: Fimela.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.