Sukses

Agar Tak Lemas dan Kantuk, Lakukan Tips Ini Selama Puasa Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalankan puasa Ramadan, umat muslim memang diwajibkan berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbena. Tentu rasa lapar, lemas, dan tidak bertenaga akan menemani sepanjang hari.

Untuk memudahkanmu dalam menjalankan puasa, simaklah beberapa tips dalam menjalani Ramadan. Melansir dari The National, Rabu (15/5/2019), berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Beristirahat

Jika kamu memiliki kesempatan untuk beristirahat, maka gunakanlah waktu itu untuk beristirahat di rumah. Hal tersebut akan membantu tubuhmu beradaptasi dengan berbagai rutinitas baru. Jika tidak, cobalah untuk bekerja dengan lebih ringan dari biasanya.

2. Jangan Minum Kopi Saat Berbuka

Saat waktu berbuka telah tiba, jangan langsung meminum kopi. Usahakanlah untuk memakan sesuatu meskipun sedikit.

Itu karena, perutmu akan menjadi lebih sensitif karena tidak bekerja selama berjam-jam. Sebagai opsi, kamu bisa memakan beberapa potong kurma saat berbuka puasa.

3. Buatlah Pilihan Makanan

Saat menunggu waktu berbuka puasa, buatlah pilihan makanan yang baik untuk berbuka puasa. Contohnya pilih makanan yang rendah gula untuk membantu perutmu beradaptasi saat berbuka puasa.

Kamu juga bisa memilih sumber protein yang baik sebagai menu berbuka puasa. Contohnya ayam atau ikan, karena makanan tersebut akan membantu tubuh mempertahankan massa otot.

4. Membagi Asupan

Bagilah asupan airmu pada jam berbuka puasa dan sahur agar tubuhmu bisa terhidrasi dengan baik. Selain itu, meminum banyak air dapat membantumu kenyang lebih lama. Dampaknya, kamu akan lebih mudah dalam menjalani puasa di siang hari.

5. Pastikan Kamu Sahur

Selain menjalankan sunah, sahur akan membantumu berpuasa dengan lebih lancar. Makan di pagi hari, akan membantumu memberikan lebih banyak energi untuk beraktivitas seharian.

 

 

2 dari 2 halaman

Panduan Makan Saat Ramadan

Setelah mengetahui beberapa tips di atas, hal selanjutnya yang harus kamu yakni panduan makan. Panduan ini akan membantumu menentukan asupan apa saja yang kamu butuhkan setiap minggu selama bulan Ramadan. Tidak harus sama persis, kamu juga bisa menjadikan panduan ini sebagai acuan saja.

1. Minggu Pertama

Pada akhir minggu pertama, kamu mungkin sudah beradaptasi dengan alur dalam berpuasa. Jika kamu ingin menurunkan lemak yang ada di tubuhmu, kamu dapat meningkatkan prosesnya dengan melakukan beberapa hal berikut.

  • Setelah berbuka puasa, makanlah dalam porsi kecil, tetapi lakukan dengan sering. Saat sedang makan, ingatlah untuk makan dengan perlahan.
  • Mulailah dengan kurma dan air, berikan jeda selama lima menit, kemudian makanlah sup dan salad. Idealnya, kamu bisa memakan hidangan utama setelah dua jam. Saat memakan hidangan utama, gunakan piring dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Minum lebih banyak air untuk memastikan tubuhmu memiliki persediaan yang cukup. Kurangi asupan garam untuk menghindari retensi air.

2. Minggu Kedua dan Ketiga

Pada minggu ini, seharusnya kamu masih merasa sehat. Namun, sekarang kamu harus fokus pada makanan dengan nilai gizi tinggi untuk memastikan kamu akan terus merasa kuat selama berpuasa.

Cara yang dapat kamu terapkan adalah sebagai berikut.

  • Fokus pada makanan dengan asam lemak omega-3. Contohnya salmon, makerel, sarden, ikan teri, tiram, sebagian besar jenis kacang-kacangan dan biji-bijian, biji rami, dan minyak kedelai. Makanan tersebut dapat membantu tingkat kewaspadaan dan konsentrasimu, serta menjaga kulit agar tetap sehat.
  • Tingkatkan asupan makanan yang mengandung magnesium untuk membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Kamu bisa mendapatkannya dari sayuran hijau, kacang-kacangan, dan makanan laut.
  • Fokus pada olahraga, asupan hidrasi tubuh, dan asupan serat untuk menghindari sembelit.

3. Minggu Keempat

Tinggal beberapa hari lagi hingga kamu selesai dan merayakan hari kemenangan. Namun, kamu mungkin akan merasa sedikit lelah dan kurang bersemangat. Hal-hal yang harus kamu lakukan pada minggu ini adalah sebagai berikut.

  • Fokus pada asupan protein berkualitas tinggi untuk menjaga massa otot.
  • Tingkatkan asupan karbohidratmu sebesar 10%. Pastikan kamu bijak dalam memilih asupan makananmu, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
  • Pada malam hari, hindari permen dan makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Hal ini dilakukan untuk membantu tubuhmu menstabilkan kadar insulin di dalam tubuh.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Hindari 7 Pola Makan Penyebab Badan Gemuk
Artikel Selanjutnya
4 Penyebab Lemak Perut Makin Banyak dan Cara Mengatasinya