Sukses

4 Tips Agar Tubuh Tidak Kaget Hadapi Puasa Ramadan Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini, umat muslim akan melaksanakan ibadah puasa dari matahari terbit hingga terbenam, selama sebulan penuh.

Hari pertama puasa pasti menjadi hari yang berat bagi kebanyakan orang. Mereka masih harus menyesuaikan diri dengan pola makan dan kebiasaan baru. Tidak heran jika ada orang yang akan merasa sangat lemas pada hari pertama puasa.

Apakah kamu merupakan tipe orang yang sulit untuk menahan diri atau menahan lapar selama berjam-jam? Jika iya, simaklah beberapa tips yang dilansir dari Culture Trip ini, agar kamu bisa melewati puasa dengan baik, khususnya pada hari pertama.

1. Makan dengan Benar Sebelum dan Setelah Puasa

Untuk dapat bertahan pada saat puasa, kamu harus menyiapkan makanan yang tepat pada saat sahur dan berbuka. Karbohidrat seperti roti gandum, oatmeal, buah-buahan, dan sayuran segar adalah beberapa alternatif yang baik bagi tubuhmu.

Bahan-bahan tersebut akan dibakar oleh tubuh dengan kecepatan tetap, hal itu berarti kamu akan memiliki banyak energi tersisa untuk melewati hari. Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, misalnya kopi, soda, atau teh.

Berbagai minuman tersebut akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Pastikan juga untuk menghindari berbagai makanan cepat saji atau makanan olahan, karena energi yang mereka berikan hanya ada dalam waktu singkat. Dampaknya, kamu akan cepat merasa lesu.

Kamu juga harus mengonsumsi banyak air mineral agar tubuhmu tetap terhidrasi sepanjang hari. Hindari makanan yang dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu makanan dengan kadar gula atau garam yang tinggi.

Ingatlah bahwa tubuh manusia dapat bertahan hidup tanpa makanan dalam jangka waktu yang lama. Namun, tubuh manusia tidak akan bertahan lama tanpa adanya asupan air.

Jika kamu terbiasa makan dengan porsi yang banyak pada hari biasa, cobalah untuk melakukan hal yang sama pada saat berbuka puasa atau sahur di hari pertama puasa. Jika kamu mengurangi asupan dari yang biasanya, mungkin saja kamu akan merasa lebih cepat lapar di siang hari.

Namun perlu diingat, meskipun kamu makan dengan porsi banyak, jangan sampai makan dengan berlebihan.

2 dari 2 halaman

2. Buat Dirimu Sibuk

Salah satu cara terbaik untuk melewati puasa adalah dengan mengalihkan perhatian dan pikiranmu dari rasa lapar, karena sensasi tersebut bisa menjadi sangat mengganggu. Kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan melakukan kegiatan ringan selain bekerja.

Contohnya bertemu dengan teman, melakukan kegiatan yang sering kamu hindari, atau melakukan refleksi diri dan beribadah. Hindari kegiatan berat seperti berolahraga, karena kegiatan tersebut akan membuat tubuhmu tegang dan bertambah lemas.

3. Tidur yang Cukup

Pastikan kamu mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur, setidaknya 8 jam permalam. Kegiatan tersebut akan membantu tubuhmu mengatur hormon (begitu pula dengan nafsu makan) yang dapat membuatmu lebih mudah dalam menjalani hari.

Jika memungkinkan, kamu juga dapat melakukan tidur siang, karena kekurangan asupan makanan dapat membuat fokusmu berkurang. Tidur siang dapat membantumu meningkatkan suasana hati dan memperkuat fokus.

4. Hindari Pembicaraan Mengenai Makanan

Hindari pembicaraan mengenai makanan di siang hari karena hal tersebut dapat menyebabkan kamu akan lebih berfokus pada rasa lapar. Dampaknya, rasa laparmu akan menjadi lebih parah dan kamu pun mulai membayangkan berbagai makanan yang ingin kamu makan.

Hindari juga media sosial yang menampilkan banyak informasi kuliner, atau foto dan video mengenai makanan. Tetaplah fokus pada manfaat yang akan kamu dapatkan selama berpuasa dan alasan mengapa kamu menjalani ibadah puasa.

Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba menghabiskan waktu bersama temanmu yang juga sedang berpuasa. Hal tersebut dapat meningkatkan motivasimu dalam melakukan puasa dan membuatmu tidak merasa sendirian.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading