Sukses

Manfaat Membaca Buku, Mulai dari Mencegah Alzheimer hingga Kurangi Stres

Ada beberapa manfaat membaca buku yang bisa kamu dapatkan.

Liputan6.com, Jakarta Zaman dulu, mungkin buku adalah benda yang dapat menghilangkan kebosanan, dan memberikan banyak wawasan. Namun karena sudah tergerus oleh perkembangan zaman, sekarang buku menjadi hal yang sudah jarang lagi dibaca.

Banyak dari kita lebih memilih menggunakan internet untuk menonton video, hingga browsing untuk menghilangkan kebosanan. Namun sejatinya manfaat membaca buku pasti tidak akan pernah hilang meski tergerus oleh zaman.

Lalu apa saja manfaat membaca buku yang tidak akan pernah lekang oleh waktu? Berikut manfaat membaca buku yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Buku

1. Meningkatkan pengetahuan

Manfaat membaca buku yang sangat umum adalah meningkatkan pengetahuan atau menambah kecerdasan. Seperti halnya pepatah mengatakan "buku adalah gudang ilmu". Membaca buku pastinya akan menambah wawasan dan pengetahuan terkait hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui. Semakin banyak membaca buku, pengetahuan akan semakin bertambah.

2. Merangsang daya pikir

Otak manusia adalah sebuah memori yang memiliki berjuta-juta bahkan miliaran gigabyte tempat untuk menyimpan sebuah data. Data-data itu bisa didapat salah satunya dengan membaca buku.

Jika kamu sering membaca buku, maka otak akan lebih mudah menangkap informasi dan juga mengasah daya pikir. Selain itu, manfaat membaca buku juga dapat membuat otak terpakai dengan maksimal.

3. Meningkatkan imajinasi

Membaca buku, terutama membaca buku yang bergenre fiksi atau novel akan meningkatkan daya imajinasi. Contohnya saja ketika kamu membaca sebuah novel yang menceritakan perjalanan atau petualangan seseorang dalam mengarungi lautan. Dan dalam novel itu menceritakan kronologi yang detail, maka kamu akan berimajinasi untuk menggambarkan keadaan yang ingin disampaikan oleh novel tersebut.

4. Peka terhadap lingkungan sekitar

Manusia sebagai makhluk sosial tidak lepas dari interaksi dengan manusia lain. Membaca buku dapat meningkatkan kepekaan sosial. Dengan membaca buku, kamu menjadi lebih pandai dan bisa saja lebih paham dalam menangani sebuah masalah sosial.

Membaca buku tidak akan membuatmu menjauh dari realitas yang ada. Kamu malah akan dituntut untuk menerjemahkan setiap permasalahn dengan ilmu yang kamu punya dari membaca buku. Manfaat membaca buku ini selain untuk diri sendiri juga dapat bermanfaat untuk orang lain, karena kamu dapat berbagi pengetahuan kepada yang lainnya.

5. Menambah kosakata baru

Sejak lahir kamu sudah diajarkan berbicara oleh orang-orang di sekitarmu, seperti orang tua hingga keluarga. Namun jika tidak dibarengi dengan bantuan lain seperti menonton televisi, guru, sekolah, atau membaca buku, mungkin kosakata tidak akan banyak.

Membaca buku menajadi salah satu cara ampuh untuk menambah pengetahuan kosakatamu. Karena buku memiliki banyak kata yang terkandung di dalamnya. Bahkan dengan membaca buku, kamu juga bisa mengerti kosakata asing yang belum pernah didengar sebelumnya dari orang-orang di sekitar.

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Buku

6. Meningkatkan konsentrasi

Membaca buku memerlukan konsentrasi yang cukup agar informasi yang diberikan buku tersebut dapat diterima atau ditelaah. Dengan sering membaca buku, konsentrasimu akan semakin terasah. Semakin kamu bisa berkonsentrasi, maka setiap kegiatan akan berjalan sesuai dengan semestinya.

7. Mengurangi stres hingga kegalauan

Manfaat membaca buku sebelumnya adalah meningkatkan konsentrasi. Sehingga orang-orang yang memerlukan konsentrasi tinggi dapat melatihnya dengan cara membaca buku.

Jika tingkat konsentrasi rendah, bisa saja akan mengakibatkan stres bahkan kegalauan karena pekerjaan yang tidak bisa ditangani dengan maksimal. Manfaat membaca buku untuk menghilangkan stres juga bisa terjadi jika kamu membaca buku yang menarik, atau bergenre komedi.

Kamu pasti akan terhanyut dengan buku itu dan perasaan nyaman dan bahagia akan muncul. Sehingga masalah-masalah atau problem yang sedang terjadi bisa sedikit terobati dengan membaca buku yang disukai.

Selain itu, manfaat membaca buku juga dapat mengurangi kegalauan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa membaca buku yang sedih atau galau, akan mengurangi rasa sedih tersebut. Karena kamu menjadi merasa ada orang lain atau sosok yang mengerti keadaanmu.

8. Meningkatkan kemampuan menulis

Membaca banyak buku akan menambah wawasanmu dalam memilih kosakata, hingga menambah pengetahuan. Jika kamu memiliki kosakata dan pengetahuan yang banyak, maka saat kamu menulis sebuah artikel atau bacaan lainnya tidak akan dibingungkan dengan apa yang harus ditulis.

Terlebih untuk kamu yang bekerja sebagai seorang penulis, membaca buku adalah hal yang dapat meningkatkan kemampuan dalam pengolahan kata. Berbagai gaya penulisan akan kamu temui ketika banyak membaca buku, sehingga kamu bisa saja terinspirasi untuk membuat tulisan dengan gaya yang lebih menarik atau berbeda dengan yang lainnya.

9. Terhindar dari risiko penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit yang menyerang otak dan dapat mengakibatkan kebingungan, memori jangka pendek, disorientasi, dimensia, hingga gangguan bicara. Namun dengan membaca, daya tangkap otak akan selalu diasah.

Otak juga akan mengingat hal-hal yang sudah kamu baca, dan menstimulasi atau merangsang otak untuk lebih mudah menghafal hal-hal lain.

Itulah beberapa manfaat membaca buku. Tidak hanya menambah ilmu pengetahuan, namun banyak juga manfaat membaca buku yang dapat meningkatkan kinerja otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.