Sukses

8 Jenis Tulisan yang Umum Ditemui Lengkap dengan Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Menulis adalah hal lumrah yang dilakukan semua orang. Sejak duduk di bangku sekolah, guru mengajarkan bagaimana cara menggunakan alat tulis hingga mampu memenuhi lembaran kertas dengan tulisan.

Tak hanya di bangku sekolah, nyatanya kemampuan menulis juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Beberapa posisi dalam pekerjaan sangat bergantung pada kemampuan menulis. Bahkan beberapa orang menjadikan hobi menulis sebagai bentuk ekspresinya yang dituangkan menjadi karya tulis yang enak dibaca banyak orang.

Menulis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja bergantung pada konteks tulisan. Berbagai jenis tulisan mewarnai dunia karena variasi konten yang ditawarkan. Maka tak heran jika tulisan nyatanya merupakan wujud paling mudah sebagai alat komunikasi.

Baik dalam aspek akademik maupun non-akademik, terdapat berbagai jenis tulisan yang diperuntukkan untuk keperluan tertentu. Selengkapnya, berikut ini adalah 8 jenis tulisan yang umum ditemui beserta penjelasan lengkapnya, yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

2 dari 4 halaman

Jenis Tulisan yang Umum Ditemui

1. Jurnal

Jenis tulisan pertama adalah jurnal. Jurnal merupakan catatan tertulis harian berdasarkan suatu kejadian, pengalaman, dan pengamatan yang dialami penulis. Jurnal biasanya bersifat terbatas yang hanya ditujukan untuk koleksi pribadi. Namun, tidak menutup kemungkinan jurnal juga dibagikan kepada orang lain.

Menulis jurnal dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah tulisan yang kreatif. Seseorang akan membicarakan tentang isu-isu yang terjadi dalam hidup entah itu berupa cerita positif maupun negatif.

2. Fiksi

Jenis tulisan fiksi mungkin paling sering dikerjakan ketika duduk di bangku sekolah. Fiksi atau karangan biasanya ditulis dengan tema tertentu, dalam bentuk prosa atau berupa analisa, spekulasi, atau informasi yang bersifat tidak sebenarnya.

3. Fabel

Fabel adalah jenis tulisan yang mengandung cerita hewan yang berperilaku dan berbicara seperti orang. Fabel juga bisa dikelompokkan ke dalam dongeng anak-anak. Misalnya, dongeng Si Kancil Mencuri Timun, Si Kancil dan Buaya, Timun Emas, dan banyak lainnya.

4. Deskripsi

Jenis tulisan deskripsi dapat berupa tulisan fiksi dan non-fiksi. Isi ceritanya tidak terbatas tema. Deskripsi fiksi menceritakan tentang orang-orang atau peristiwa yang tidak nyata, dalam artian hanya berupa imajinasi dari seorang penulis.

Sementara itu, non-fiksi adalah setiap cerita yang informatif yang berfungsi sebagai gambaran topik yang dipilih. Contoh tulisan deskripsi misalnya penjelasan tentang sebuah inovasi teknologi maupun tempat sejarah.

3 dari 4 halaman

Jenis Tulisan yang Umum Ditemui

5. Otobiografi

Jenis tulisan otobiografi merupakan sebuah tulisan yang menceritakan tentang cerita atau kisah kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang yang sama. Dengan kata lain, penulis otobiografi menceritakan kisahnya sendiri.

Otobiografi ditulis berdasarkan pengalaman dan kenangan pahit manis dari sang penulis. Yang membedakan dari biografi adalah kemurnian dari cerita yang ditulis karena berasal dari kisah pribadi tanpa melibatkan sangkut paut penulis lain.

6. Karya tulis ilmiah

Karya tulis ilmiah atau yang biasa disingkat karya ilmiah adalah laporan tertulis yang menyajikan hasil temuan atau penelitian sang penulis. Pada beberapa jenis karya tulis ilmiah, pengkajian atau analisis harus berdasarkan teori yang telah ditelurkan para ahli dunia sehingga hasilnya layak untuk dipertanggungjawabkan.

Dengan demikian, hasil pengkajian atau analisis bisa dijadikan acuan bagi peneliti atau penulis lain di kemudian hari. Jenis karya tulis ilmiah meliputi artikel ilmiah, makalah, paper, skripsi, tesis, dan disertasi.

7. Puisi

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang banyak digemari orang. Mulai dari usia belia, remaja hingga orang tua. Para penyuka sastra pasti sudah tak asing lagi untuk mengenali apa itu puisi. Puisi adalah salah satu media yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan. Isi dari pesan ini bisa berupa suatu ungkapan atau sebuah pesan dari seseorang ke orang lain atau ke khalayak.

8. Surat

Surat juga termasuk dalam jenis tulisan yang umum ditemui. Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi berupa teks tertulis. Menulis surat dapat dilakukan dengan tulisan tangan maupun melalui mesin ketik yang kemudian dicetak.Lebih lanjut, surat dapat dikelompokkan menjadi surat resmi dan surat tidak resmi.

Yang masuk ke dalam surat resmi yaitu surat permohonan, surat keputusan, surat kuasa, surat perintah, surat pengantar, surat edaran, dan surat undangan. Sementara itu, surat tidak resmi misalnya adalah surat yang dikirim antar teman.

4 dari 4 halaman

Menebak Kepribadian dari Tulisan Tangan

Ada beragam cara untuk mengetahui kepribadian seseorang bahkan dari hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari. Misalnya adalah tulisan tangan. Tulisan tangan yang miring kanan atau kiri karakter orang dapat mengungkap kepribadian seseorang.

Melansir dari Reader's Digest, Rabu (20/3/2019), orang dengan tulisan tangan yang miring ke kanan merupakan orang yang baik dalam bersosialisasi. Mereka kerap bertemu banyak orang dan bekerja dengan orang baru.

Sedangkan tulisan ke kiri adalah tipe orang yang lebih suka bekerja sendiri atau menyelesaikan pekerjaan tanpa bantuan orang lain. Tipe ini juga cenderung tertutup dan meneliti kesalahannya serta belajar dari hal tersebut. Sementara itu, orang dengan tulisan tangan tegak lebih seimbang untuk kehidupan sosial.