Sukses

Hari Perempuan Internasional, 5 Film Ini Cocok Ditonton Bersama Keluarga

Berikut 5 film yang bisa kalian nikmati di Hari Perempuan Internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Perempuan Internasional diperingati di seluruh dunia pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Peringatan ini sebagai bentuk perayaan pencapaian perempuan di berbadai bidang baik sosial, ekonomi, budaya dan politik.

Tak hanya itu, mengutip akun resmi internationalwomensday.com, Hari Perempuan Internasional ini juga jadi ajang menyuarakan persamaan gender antara perempuan dan laki-laki.

Dengan memperingati Hari Perempuan Internasional kalian juga telah mengapresiasi dan menghormati perempuan atas perjuangan dan pencapaian dalam hidup. Tak hanya orang lain, tapi juga kepada diri kalian sendiri loh.

Lantas apa sih yang kalian lakukan untuk memperingatinya? Jika tak ada ide, nampaknya kalian bisa mengisinya dengan menonton film yang mengangkat isu seputar perjuangan para wanita. Deretan film ini mengapresiasi para kaum wanita dan tentunya menginspirasi generasi muda. Berikut 5 film yang bisa kalian nikmati di Hari Perempuan Internasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

The Iron Lady (2011)

Kisah Margaret Thatcher sebagai perdana menteri wanita pertama dan menjabat posisi ini terlama di Inggris nampaknya sudah tak asing bagi sebagian besar orang.

Diperankan oleh Meryl Streep, kita bisa melihat mimpi dan perjuangan Margaret hingga menempati posisi tertinggi di negara yang masih mengedepankan budaya patriarkal. Usai memerankan film ini, Meryl Streep mendapat nominasi dan memenangkan nominasi Aktris Terbaik ke 17 oleh Oscar.

3 dari 6 halaman

Mona Lisa Smile (2003)

Film ini berkisah tentang Katherine Ann Watson (diperankan oleh Julia Roberts) memiliki visi bahwa sistem pengajaran perlu lebih menarik dan membahas topik seni yang lebih kritis. Sebagai dosen di divisi Sejarah Seni di Wellesley College, ia melihat mahasiswi terlalu serius dalam menghapal silabus dan konvensional.

Pemikiran Katherine yang kritis mengakibatkan terjadi perbedaan pendapat dengan presiden universitas. Namun, Katherine sangat mengenal muridnya dan terus mendorong muridnya untuk mencapai mimpi setinggi mungkin. 

4 dari 6 halaman

Zero Dark Thirty (2012)

Dirilis pada tahun 2012, Zero Dark Thirty menceritakan perjuangan Maya, petugas CIA wanita, yang mendedikasikan kariernya sejak lulus sekolah untuk mengumpulkan informasi terkait keberadaan Osama bin Laden, ketua al- Qaeda.

Film karya Kathryn Bigelow ini berhasil masuk dalam 5 kategori nominasi Piala Oscar 2013 dan 4 kategori nominasi Golden Globe Awards.

5 dari 6 halaman

Sokola Rimba (2013)

Film dalam negeri juga banyak yang bertemakan wanita hebat salah satunya ialah Sokola Rimba. Film ini berkisah tentang Butet Manurung (Prisia Nasution) yang mengajarkan baca-tulis untuk ribuan anak dan orang dewasa Suku Kubu di rimba Taman Nasional Bukit Duabelas atau TNBD, Jambi, Sumatra Selatan.

Sayangnya Butet mendapat banyak pertentangan dari masyarakat Suku Kubu karena ilmu pengetahuan masih dianggap tabu bagi mereka. Namun tentu saja Butet tidak menyerah dan terus berusaha meyakinkan masyarakat bahwa ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat penting.

6 dari 6 halaman

Merry Riana (2014)

Film 'Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar' adalah salah satu film yang diangkat dari salah satu buku terlaris di Indonesia dengan judul yang sama. Merry Riana tentu menjadi sosok wanita yang inspiratif bagi masyarakat khususnya para wanita karena perjuangannya bertahan hidup di negeri orang dan meraih sukses di usia yang cukup muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.