Sukses

Cara Menjadi Orang Sukses dan Kaya, Ini yang Perlu Diperhatikan

Kesuksesan tidak serta-merta datang begitu saja dalam kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mau menjadi orang sukses dan kaya? Semua orang pasti menginginkan menjadi orang yang sukses dan juga kaya. Akan tetapi, nyatanya menjadi sukses dan juga kaya tidaklah mudah. Tidak semua orang bisa menjadi orang yang sukses dan juga kaya. Tentu saja ada beberapa faktor yang bisa membuat kamu menjadi orang sukses dan juga kaya.

Kamu perlu bekerja keras dan juga usaha agar menjadi orang sukses. Selain itu, beberapa kebiasaan pun perlu dibangun dan dilakukan dengan tertib. Cara menjadi orang sukses pun seperti para miliarder dimulai dengan kerja keras dan juga dari nol.

Kamu juga bisa menggunakan tips cara menjadi orang sukses yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019). Berikut ini beberapa cara menjadi orang sukses yang perlu kamu perhatikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebiasaan orang sukses

1. Bangun Pagi

Cara menjadi orang sukses dan kaya yang pertama ialah bangun pagi. Nyatanya ujaran lama jika bangun siang rezekinya akan dipatok ayam ini bisa menjadi pegangan. Sebab banyak orang kaya yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi. Hal ini karena jika kamu bangun pagi, maka pikiran kamu menjadi lebih segar. Selain itu, jika kamu bangun pagi, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas ataupun mencicil pekerjaan yang belum terselesaikan. Jadi kamu bisa memulai kebiasaan baik di pagi hari dengan cara bangun pagi.

2. Fokus pada hal besar

Cara menjadi orang sukses selanjutnya ialah fokus pada hal besar. Memang benar jika kamu bisa mulai dengan menabung ataupun menyisihkan sedikit uang tiap harinya. Akan tetapi jika kamu hanya menabung dalam jumlah kecil mau sampai kapan kamu melakukannya?

Kamu bisa belajar dari Warren Buffett, ia adalah seorang investor, pengusaha dan juga philanthropist asal Amerika Serikat. Buffett sendiri merupakan investor tersukses di dunia, selain itu ia adalah komisaris, direktur utama serta pemegang saham terbesar di Berkshire hathaway. Kamu bisa belajar dari Buffett untuk fokus pada hal yang besar. Salah satu hal besar tersebut ialah rumah. Jadi jika kamu memiliki sedikit dana dan juga kesempatan, kamu bisa mulai menyicil sebuah rumah.

3 dari 4 halaman

Manfaatkan sumber daya yang ada

3. Manfaatkan teknologi transaksi

Pada zaman serba teknologi seperti saat ini, bukan hal yang sulit jika kamu ingin bertransaksi dimana pun dan kapan pun. Kamu hanya perlu bermodalkan sebuah ponsel saja untuk bisa melakukan segala transaksi yang ada. Selain itu, kamu harus bisa melunasi segala tagihan yang ada sebelum terkena denda. Tentu saja jika kamu terkena denda, maka pengeluaran kamu akan bertambah dan jumlah tabungan kamu pun akan menipis.

Selain itu, bila waktu gajian tiba, kamu bisa memindahkan beberapa nominal pada rekening yang khusus digunakan untuk menabung. Jika kamu memiliki rekening khusus untuk menabung, sebaiknya hindari penggunaan kartu atm.

4. Tabung dulu, baru belanja

Tips untuk cara menjadi orang sukses yang patut kamu tiru ialah tabung dulu baru belanja. Jangan menabung sisa uang belanja, melainkan belanjalah menggunakan sisa uang yang telah ditabung. Itu adalah salah satu kalimat yang menjadi peganggan Warren Buffett. Tentu saja kamu harus melakukannya dengan disiplin.

Jika kamu memiliki gaji Rp 5 juta, maka kamu ambil sekitar Rp 1 juta untuk ditabung terlebih dahalu. Kemudian sisanya bisa kamu gunakan untuk berbelanja kebutuhan lainnya. Jika kamu telah mengambil terlebih dahulu uang untuk ditabung, maka uang tersebut tidak boleh kamu gunakan sedikitpun.

4 dari 4 halaman

Cara menjadi orang sukses dan kaya

5. Catat setiap pengeluaran

Cara menjadi orang sukses salah satunya ialah mencatat setiap pengeluaran yang ada. Kamu harus sangat teliti jika terkait dengan pengeluaran dan kamu pun harus memastikan agar seluruh pengeluaran tercatat dalam anggaran yang disediakan. Jangan sampai kamu menggunakan uang untuk sesuatu yang tak sesuai dengan anggaran yang ada. Hal ini tentu saja bisa mengakibatkan catatan anggaran kamu menjadi berantakan.

Kamu pun harus rajin untuk mencatat setiap pengeluaran baik itu dia awal bulan, pertengahan taupun akhir bulan. Catatan pengerluaran akhir bulan dilakukan untuk menganalisa berapa pengeluaran yang kamu habiskan. Kemudian kamu bisa membandingan dengan bulan sebelumnya. Dengan adanya catatan pengeluaran ini, kamu bisa tetap menjaga stabilitas dana pengeluaran kamu untuk bulan berikutnya.

6. Simpan rezeki dengan berinvestasi

Cara menjadi orang sukses selanjutnya ialah jika kamu memiliki rezeki lebih yang datang tidak terencana, kamu bisa menggunakannya untuk berinvestasi. Jika kamu benar-benar ingin menjadi sukses dan kaya, maka rezeki yang ada pun tak akan kamu sia-siakan. Sebaliknya kamu justru bisa menabung dan juga berinvestasi untuk memperbanyak pendapatan.

Jika baru mencoba untuk berinvestasi, kamu bisa berinvestasi dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu. Karena nominal bukanlah hal yang utama, melainkan kemauan untuk masa depan yang lebih baik. Karena seiring dengan berjalannya waktu, kamu pasti akan terdorong untuk menambah modal untuk berinvestasi. Namun kamu harus memastikan jika kamu tidak terlibat dalam investasi bodong. Oleh karena itu kamu pastikan sarana investasi yang akan kamu pilih terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.