Sukses

Pasangan Ini Menikah di Bawah Laut, Alasannya Bikin Kaget

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan sebuah prosesi yang sakral. Pada umumnya, pernikahan dua sejoli digelar di tempat ibadah maupun di gedung khusus, agar bisa dihadiri oleh banyak orang. Namun, sepertinya hal yang sudah mainstream itu tidak pernah berpijak di benak pasangan Thailand berikut ini.

Dilansir Liputan6.com dari Newsflare, Selasa (19/2/2019), 9 pasang tamu undangan yang merupakan pasangan pengantin menyelam sedalam 7 meter ke dalam laut untuk menghadiri pernikahan Kittiphan Satidphutsombat dan Nednapit Laopratumwirod.

Pernikahan itu digelar di dekat Gua Morakot, Provinsi Trang, Thailand bagian selatan sehari sebelum Hari Valentine tiba, Rabu (13/2/2019).

2 dari 3 halaman

Menikah di Bawah Laut

Sebuah video menunjukkan Kittiphan dengan jasnya serta Nednapit yang mengenakan gaun warna putih khas pengantin lengkap dengan mahkotanya. Keduanya mengambang di permukaan laut dan memamerkan kemesraannya pada kamera. Kemudian, mereka menyelam untuk mengikrarkan janji suci.

Petugas pernikahan yang juga ahli dalam hal menyelam membantu jalannya pernikahan Kittiphan dan Nednapit. Layaknya upacara pernikahan di darat, upacara pernikahan pasangan ini tetap memasukkan unsur adat seperti menyirami keduanya dengan air suci dan kelopak bunga mawar. Bahkan, sertifikat pernikahan juga ditanda tangani di bawah laut.

Setelah pengantin itu sah menjadi pasangan suami istri, mereka melepas alat bantu pernapasan yang mereka gunakan, lalu berciuman. Keduanya terlihat sangat bahagia dengan senyum yang jelas terpancar di wajah mereka.

Kittiphan dan Nednapit mengaku merasa terhormat menjadi bagian dari pernikahan yang unik ini. Rupanya, pengantin baru itu memang penggemar hamparan laut biru.

“Kami berdua adalah pecinta laut, jadi kami memutuskan untuk ikut acara ini. Sebelumnya, kami pernah menyelam juga disini. Namun, kesempatan kali ini berbeda dan terasa baru bagi kami.” Ungkap Kittiphan.

3 dari 3 halaman

Rangkaian dari Festival Tahunan Hari Valentine

Usut punya usut, acara pernikahan yang unik banget tersebut adalah satu dari rangkaian acara festival tahunan untuk menyambut Hari Valentine di Thailand. Festival itu diadakan selama tiga hari. Setelah menjadi pasangan suami istri, para pasangan akan mengikuti agenda khusus penganut agama Budha agar mendapatkan keberuntungan serta berkah di hari kasih sayang.

Selain pasangan asal Thailand, ternyata pernikahan unik itu juga diikuti oleh para pasangan dari China, Malaysia dan Belanda. Pada dasarnya, festival itu digelar untuk mempromosikan wisata negara Thailand dan pernikahan tradisional ala Thailand kepada dunia.

Sebelumnya, acara pernikahan di bawah laut pernah digelar pada tahun 1996 dan mendapat penghargaan dari Guinness World Records sebagai pernikahan bawah air terbesar di dunia.