Sukses

6 Tanda Kamu Sedang Berhadapan dengan "Toxic People"

Liputan6.com, Jakarta Toxic People merupakan orang-orang yang membawa dampak negatif bagi hidup kita. Keberadaan mereka mungkin ada di sekeliling kita dan nyata. Sepertinya, kita telah menemukan satu atau dua orang yang memiliki dampak negatif ini.

Kadang, mereka tidak menyadari bahwa mereka menyebabkan bahaya terhdap orang-orang di sekitarnya. Mereka kadang memiliki kekuatan untuk dapat mempengaruhi orang-orang disekitarnya dan dapat mengancam kenyamanan hidup orang yang dipengaruhi. 

Berikut 6 tanda bahwa kamu sedang berhadapan dengan Toxic People dilansir dari berbagai sumber:

1. Ia mempermainkanmu

Ia memiliki kekuatan untuk dapat mengontrolmu. Ia mempermainkanmu dan mencoba memanfaatkan uang, waktu dan energi yang kamu punya untuk ia dapatkan. Mereka juga suka merubah keadaan seakan-akan kamu yang bersalah.

 

2 dari 3 halaman

2. Melecehkan secara emosional

Dalam bahasa inggris disebut emotional abuse, hal ini menjadi salah satu hal yang paling berdampak buruk bagimu jika terjadi. Hal ini akan meninggalkan luka yang lebih lama daripada luka fisik.

Efek yang mereka timbulkan terhadap kamu adalah depresi, kebingungan, kekurangan motivasi, sering menyalahkan diri sendiri, kurang menghargai diri sendri. Hal ini dapat ia lakukan dengan cara memarahimu, mencela, menuduh, mengintimidasi dan memanipulasi kamu. Hati-hati ya.

 

3. Suka Membohongimu

Mereka adalah orang-orang yang sering sekali membohongimu untuk menjaga imej diri mereka. Mereka sangat pintar dalam memanipulasi dan dapt membohongimu secara terang-terangan. Mereka kadang berikap impulsif padamu. Berhadapan dengan orang seperti ini akan membuatmu menjadi bingung, merasa dibohongi, dan paranoid.

 

4. Suka Mengontrolmu

Orang-orang yang memiliki sifat negatif ini merupakan seorang manipulator yang hebat dan dia sangat pintar menyembunyikan apa yang sebenarnya ia ingin manfaatkan darimu. Caranya mengontrol dirimu bisa dengan selalu ingin tahu dimana posisimu, dengan siapa kamu sekarang. Cara-cara itu merupakan cara halus untuk mengontrolmu.

3 dari 3 halaman

5. Selalu Mengganggu Privasimu

Orang-orang yang memiliki sifat ini selalu ingin tahu privasimu. Mereka tidak pernah ingin tahu bahwa kamu punya ruang sendiri untuk privasi. Mereka kadang memarahimu seakan-akan kamu tidak boleh mengeluarkan pendapatmu. Mereka akan menganggu kehidupan pribadimu, merusak apa yang kamu punya, dan menghancurkan segala keinginanmu.

 

6. Membawa Aura Negatif

Orang-orang ini selalu memiliki aura negatif dan berusaha untuk membagikan sisi negatif mereka kepada orang-orang di sekitarnya. Kadang, mengobrol bersama mereka akan menjadikan mood kamu turun. Mereka juga suka mengeluh hampir setiap waktu. Bahkan ia akan mengajakmu untuk melakukan hal-hal yang bersifat negatif.

Apakah kamu pernah bertemu dengan orang-orang yang memiliki sifat-sifat di atas? Ataukah kamu sedang menghadapi mereka? Tetaplah hati-hati dan berilah jarak antara kamu dengan mereka. Ingat, kamu punya hak untuk selalu merasa aman dan menjalani hidup dengan bahagia.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

 

 

DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 6

Tutup Video