Sukses

9 Penampakan Ekstremnya Polar Vortex yang Melanda Amerika Serikat, Semua Membeku

Badai dingin yang melanda AS ini tercatat sebagai yang terdingin.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini beberapa negara bagian di Amerika Serikat (AS) tengah dilanda badai dingin. Cuaca dingin ekstrem, atau yang disebut dengan Polar Vortex yang melanda AS ini, tercatat sebagai yang terdingin setelah lima generasi. Cuaca super dingin ini disebabkan oleh Polar Vortex, yakni massa udara beku.

Polar Vortex adalah badai yang biasa terjadi di Kutub Utara. Namun, kali ini badai dingin lepas dari zonanya hingga menyebar ke bagian Benua Amerika.

Dibeberapa wilayah di Amerika Serikat bahkan menembus suhu rendah ekstrem. Kota yang tercatat dengan suhu rendah membentang dari Dakota melalui marine dengan salju tebal yang membentang ke arah Alabama dan Georgia.

Di Chicago, cuaca ekstrem dilaporkan membuat suhu kota itu mencapai minus 30 derajat Celsius, dan membuat beberapa sungai yang melintasinya membeku.

Bahkan di negara bagian North Dakota, suhu udara dilaporkan sebagai yang terendah dalam sejarah setempat, yakni mencapai minus 37 derajat Celsius.

Selain sungai dan air terjun, beberapa benda seperti peralatan rumah tangga pun menjadi beku akibat badai dingin ini. Beberapa orang mengunggah penampakan benda yang membeku di media socsial untuk menunjukkan betapa dinginnya cuaca yang melanda kawasan mereka.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari BuzzFeed, Jumat (1/2/2019) penampakan benda-benda yang beku akibat suhu dingin yang ektrem di Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagian Besar AS Mengalami Penurunan Suhu yang Tidak Biasa

1. Air dan kloset membeku akibat cuaca ekstrem

2. Sabun dan dinding kamar mandi yang membeku

3. Cairan antibeku pun ikut membeku.

4. Suhu dingin berhasil membekukan air yang di dalam kloset.

3 dari 3 halaman

Semua Membeku

5. Air dari keran yang menyala membentuk es.

6. Cuaca dingin meretakkan kloset dan membekukan airnya.

7. Seorang wanita rambutnya membeku setelah berjalan keluar rumah.

8. Menunggu bus, jenggot pria ini tak luput dari dinginnya udara Amerika Serikat.

9. Bahkan gelembung balon pun turut membeku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini