Sukses

Musim Hujan, Waspada 4 Penyakit Ini Mengintaimu

Liputan6.com, Jakarta - Saat musim hujan tiba, jalanan seringkali dibuat basah dan timbul genangan. Suhu udara pun menurun menjadi lebih dingin dari biasanya. Ketika beraktivitas juga, orang terkadang mengabaikan juga kondisi disekitar yang dilanda hujan.

Musim hujan juga disebut musim rawan penyakit karena pada musim ini virus lebih mudah masuk dalam tubuh. Apalagi jika daya tahan tubuh sedang tidak bagus dan kurang menjaga kondisi tubuh maka akan mudah sekali terkena penyakit.

Ada beberapa penyakit yang sering kali muncul ketika musim hujan. Mengenali penyakit tersebut mungkin bisa membuat kamu lebih waspada untuk mencegah penularannya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyakit yang muncul ketika musim hujan.

1. Flu atau influenza

Penyakit musim hujan yang kerap kali muncul adalah flu. Virus ini menyerang pernapasan. Jika penyakit sudah membuat kamu tidak nyaman lebih baik segera hubungi dokter. Virus influenza menyebar melalui batuk, bersin atau dari menyentuh benda yang sudah terkontaminasi.

2. Demam dan batuk

Saat musim hujan, ada baiknya kamu mempersiapkannya dengan sering menggunakan baju hangat dan perbanyaklah minum. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh rhinovirus, demam ini akan menyebabkan radang tenggorokan. Jika dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan batuk.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

3. Demam berdarah

Mungkin kamu sering mendengar penyakit ini saat musim hujan melanda. Air hujan menggenang di mana-mana dapat juga menggenang di sampah, hal tersebut dimanfaatkan nyamuk betina untuk bertelur termasuk bagi nyamuk aedes aegypti.

Ia membawa virus demam berdarah yang dapat menyerang manusia. Jika kamu mengalami gejala penyakit tersebut seperti demam lebih dari 3 hari, nyeri sendi dan gejala lainnya segera periksalah ke dokter.

4. Jamur kaki

Kamu sering menggunakan sandal atau sepatu yang sudah basah saat musim hujan? Sebaiknya hindari hal tersebut. Ketika musim hujan, terkadang di sebagian wilayah terkena banjir dan kamu harus melaluinya.

Hal tersebut juga menyebabkan alas kaki atau kaki kamu menjadi basah. Ada baiknya setelah menewati banjir kamu segera mencuci kaki dang anti alas kaki, agar tidak timbul gatal dan jamur kaki.

 

( Nihlah Fauziyatul Wafa )

Loading
Artikel Selanjutnya
Virus DBD Ancaman Nyata di Tanah Air, Jumlah Kasusnya Setara Virus Corona
Artikel Selanjutnya
Ibu Tolak Gunakan Obat Dokter, Bocah di Colorado Meninggal Akibat Influenza