Sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Fresh Graduate dan Format Menulis

Liputan6.com, Jakarta Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah salah satu aspek penting dalam persyaratan mencari pekerjaan. Hampir semua lowongan perkerjaan mencantumkan surat lamaran kerja sebagai syarat. Bagi fresh graduate, bekerja menjadi salah satu tujuan untuk mengaplikasikan ilmu yang diterima. 

Berbagai posisi dan jabatan pekerjaan banyak tersedia di berbagai perusahaan nasional dan internasional. Selain tuntutan berbagai macam kemampuan, menulis surat lamaran bahasa Inggris juga menjadi syarat penerimaan kerja.

Dalam bahasa Inggris, surat lamaran pekerjaan biasa disebut dengan cover letter. Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris sama-sama memiliki tujuan untuk melamar pekerjaan, tetapi surat lamaran kerja bahasa Inggris memiliki bentuk format yang berbeda dengan yang berbahasa Indonesia.

Selain memperhatikan bentuk format surat, penggunaan kosakata yang tepat juga akan digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Berikut contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk fresh graduate yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris

1. Heading

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris, heading menjadi pembeda surat lamaran kerja bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. Jika dalam surat bahasa Indonesia identitas pelamar biasanya diletakkan di bagian tengah surat, maka dalam bahasa Inggris identitas pelamar ada di kepala surat.

Beberapa identitas yang perlu kamu cantumkan dalam membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah nama, bidang keahlian, alamat, contact person, email, dan media sosial.

Selanjutnya, kamu bisa mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat menggunakan berbagai macam format dalam penulisan tanggal surat. Misal, DD/MM/YY atau menggunakan format penulisan tanggal bahasa Inggris.

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris, di bagian heading ini, kamu juga harus mencantumkan kepada siapa surat ditujukan. Biasanya dalam surat berbahasa Inggris merujuk pada salah satu nama dan posisi di perusahaan tersebut. Sehingga format yang digunakan adalah nama-posisi-nama perusahaan-alamat perusahaan.

2. Salutation

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris selanjutnya, Salutation merupakan salam pembuka. Berbagai salam pembuka bisa kamu gunakan disesuaikan dengan nama yang ditujukan. kamu bisa menggunakan Mr., Mrs, Ms., atau dear dan selanjutnya menyertakan nama lengkap.

3. Opening Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris ketiga, Opening paragraph. Di paragraf pembuka kamu harus membuat pembaca surat lamaran kerja menjadi penasaran akan isi surat. kamu bisa menuliskan hal-hal menarik yang memberikan kesan bahwa kamu merupakan orang yang dicari dalam posisi tersebut.

Berbagai macam terobosan unik untuk perusahaan bisa kamu tuliskan dalam highlight di paragraf pertama. kamu juga bisa menyebutkan bahwa informasi lowongan kamu dapatkan berdasarkan iklan ataupun sumber terpercaya lainnya. 

4. Second Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris paragraf kedua kamu bisa menawarkan diri bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk mendapatkan posisi tersebut. kamu bisa menuliskan beberapa prestasi selama menjalani pendidikan ataupun pengalaman ketika kamu mengikuti berbagai macam pelatihan.

Selain itu, kamu juga harus bisa menonjolkan bahwa posisi yang ditawarkan merupakan posisi yang cocok untuk kamu. Meskipun kamu merupakan fresh graduate, kamu bisa menonjolkan beberapa pengalaman magang atau pengalaman bekerja sebagai asisten laboratorium jika bidang yang dituju bisa memperkuat personal branding kamu.

5. Third Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris di paragraf ketiga, kamu bisa meyakinkan kepada perusahaan bahwa kamu merupakan orang yang layak menjadi bagian dari perusahaan tersebut. kamu bisa menyebutkan beberapa keahlian yang kamu miliki. Hal ini akan menjadi bukti bahwa kamu merupakan kandidat orang yang cocok di posisi tersebut.

6. Closing Paragraph

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris di paragraf terakhir, kamu bisa menyampaikan beberapa harapan kamu di perusahaan tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan kesiapan diri kamu menghadapi berbagai macam rintangan jika kamu diterima di perusahaan tersebut. Di paragraf terakhir, harus kamu sampaikan secara jelas dan tidak mengandung makna ambigu yang akan melemahkan isi surat lamaran kerja. 

7. Formal Closing

Format contoh surat lamaran pekerjaan bahasa inggris terakhir, formal closing. Beberapa bentuk salam penutup bisa kamu gunakan. Beberapa contoh salam penutup yang bisa kamu gunakan adalah regards, sincerely, respectfully, with appreciattion, warm wishes, yours faithfully, ataupun yours truly.

3 dari 3 halaman

Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Surakarta, October 21st 2019

Attention To:

Mr. Joshua N.B. Nababan, S.E.

Resources Manager of PT. ANTEMA (Persero) Tbk Gedung Aneka Tambang

Jl. Letjen TB Simatupang No. 1 Lingkar Selatan, Tanjung Barat

Jakarta 12530, Indonesia

 

Dear Mr. Joshua N.B. Nababan, S.E., I have read from your advertisement at on website (www.lokerbumn.info), October 10, 2019 that your company is looking for employees to hold some position. Based on the advertisement, I am writing to express my interest in applying a job in your company as Accounting staff.

I am a fresh graduate from Sebelas Maret University Surakarta, Faculty of Economy and Business, majoring in Accounting with total GPA 3.60 of 4.00. I see myself as a disciplined  person, a hard worker, and I have a good time management. I believe I can do my best and give  positive contribution to your company. I interact productively with people from diverse  backgrounds and I can work well, both individually and within a team. I also have an ability to communicate and work well with people on all levels.

I would appreciate the opportunity to meet you, to discuss my qualification and the possibility of  joining your company. My Curriculum Vitae is enclosed along this letter and you may review it for further information. I am looking forward for a possible interview with you, to discuss more about my capabilities

Thank you very much for your attention.

Sincerely yours,

 

Septalia Zazalia

 

 

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS