Sukses

Studi: Pria Cerdas Cenderung Tidak Mau Selingkuh

Sebuah penelitian dari Finlandia menemukan bahwa kecerdasan merupakan salah satu syarat penting untuk memiliki hubungan yang langgeng dan setia.

Liputan6.com, Jakarta - Perselingkuhan menjadi salah satu masalah yang membuat sebuah hubungan hancur dan menyakitkan. Maka tak heran jika seseorang yang ketahuan berselingkuh akan sangat dibenci dan tak dimaafkan.

Tentu di antara kita mendambakan pasangan yang setia dan tak akan mendua. Namun, bagaimana cara untuk mengetahui seorang pria bakal setia?

Melansir dari her.ie, sebuah penelitian baru dari Finlandia menemukan bahwa kecerdasan merupakan salah satu syarat penting untuk memiliki hubungan yang langgeng dan setia satu sama lain. Dengan kata lain, kalau tak ingin diselingkuhi, carilah pasangan yang cerdas.

Para peneliti dari Hanken School of Economics meneliti dokumen wajib militer dari sekitar 200.000 pria Finlandia. Dari hasil penelitian itu ditemukan bahwa ada kaitan antara kecerdasan dan kehidupan pernikahan.

Dokumen tersebut juga memuat data dari uji kecerdasan yang diikuti para pria tersebut saat bergabung ke militer. Saat diteliti lima tahun kemudian, penelitian menunjukkan bahwa di antara pria yang berusia di bawah 45 tahun, ditemukan bahwa makin tinggi tingkat kecerdasan mereka, makin setia dan bertahan mereka pada kehidupan pernikahan mereka. Hanya saja tidak disebutkan faktor-faktor lainnya yang mendukung data tersebut.

"Ibarat pengaruh ekor burung merak yang misterius pada tingkat keberhasilan kawinnya, kecerdasan manusia memiliki dampak positif langsung terhadap prospek perjodohannya dalam hal ini pernikahan," ungkap ketua peneliti Jaako Aspara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ini Alasannya

Maka dari studi tersebut menyebutkan bahwa makin cerdas seorang pria, maka makin kecil kemungkinan mereka untuk selingkuh. Para peneliti bahkan berpendapat bahwa pria cerdas mungkin bisa memberi kesejahteraan pada keluarga, sehingga pernikahan yang dibina bisa lebih mudah dipertahankan.

Meski begitu, sebuah hubungan akan berjalan langgeng jika ada komunikasi yang baik dengan pasangan. Nah, bagaimana menurutmu?

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.