Sukses

Waspadai 6 Makanan Ini, Bisa Memicu Migrain

Liputan6.com, Jakarta - Migrain dapat datang di saat-saat tak terduga. Selain menghambat aktivitas, migrain juga bisa menjadi keadaan yang serius bila tidak segera diatasi.

Untuk menghindari migrain, ada baiknya Anda menghindari beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya migrain. Berikut beberapa makanan tersebut seperti dikutip dari Health.com.

1. Keju

Keju sering disebut sebagai makanan yang dapat menyebabkan migrain, terutama yang usianya sudah tua. Ini dikarenakan kandungan tyramine yang terbentuk di dalam protein keju yang rusak dari waktu ke waktu. Tingginya kadar tyramin yang masuk ke dalam darah itulah yang memicu terjadinya perubahan di otak dan menyebabkan nyeri kepala.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Daging olahan

Daging olahan merupakan salah satu jenis makanan yang dikenal mengandung pengawet. Makanan ini diperkirakan mengandung nitrit yang terdapat dalam pengawetnya dan memicu pelebaran pembuluh darah serta menyebabkan migrain.

3. MSG

Zat ini biasa digunakan untuk membuat makanan terasa lebih gurih dan sedap. Asam glutamat yang terkandung di dalamnya diyakini dapat membuat pembuluh darah menyempit lalu melebar. Inilah yang menyebabkan kepala terasa nyeri dan membuat migrain.

4. Kacang dan biji-bijian

Camilan ini dapat menyebabkan migrain 12 jam setelah dikonsumsi. Kandungan tanin pada kacang merupakan salah satu pemicu migrain. Jangan terlalu banyak mengonsumsi kacang agar hal tersebut tidak terjadi.

 

3 dari 3 halaman

5. Cokelat

Sebuah studi pada tahun 2012 di Brasil menyebutkan bahwa cokelat mengandung tyramine yang dapat memicu migrain. Karena itu, sebaiknya hindari makan cokelat bila Anda mudah terkena migrain. Terlebih bila Anda seorang wanita yang tengah datang bulan.

6. Es krim

Rasa manis dan tekstur lembut es krim biasa dijadikan andalan dalam meningkatkan mood. Tapi siapa sangka, es krim bisa memicu migrain. Ini dikarenakan rasa dingin es krim dapat membuat sarat terasa sakit yang kemudian dirasakan oleh kepala.

Reporter: Mgg/renno

Sumber: Brilio.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.