Sukses

4 Pulau Terpadat di Dunia, Ada Indonesia Juga

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat tidak diimbangi dengan persebarannya yang merata. Tak heran, dengan jumlah penduduk dunia yang mencapai 7,7 miliar terdapat beberapa pulau di dunia yang penduduknya terlalu padat.

Di antara sekian banyak pulau di dunia, berikut empat pulau teratas dengan penduduk paling padat di dunia. Psst, ada pulau di Indonesia juga lo.

1. Santa Cruz del Islote, Kolombia

Pulau buatan ini terletak di Kolombia San Bernardo Archipelago di Teluk Morrosquillo. Dengan ukuran yang hanya selebar lapangan bola, kini 500 orang tinggal di atas pulau tersebut.

Malahan, populasi di pulau ini makin meningkat tiap tahunnya ketimbang ukuran wilayahnya. Ini menjadikan Santa Cruz del Islote menjadi pulau paling padat di dunia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

2. Pulau Ap Lei Chau, Hongkong

Pulau ini merupakan bagian dari distrik Southern di Hongkong. Dengan hanya luas 80,5 kilometer persegi, pulau ini ditinggali sekitar 1.289.500 orang pada tahun 2008. Diperkirakan kini jumlahnya telah meningkat drastis.

 

3 dari 4 halaman

3. Pulau Migingo, Kenya

Luasnya 2 ribu meter persegi. Pulau yang terletak di Danau Victoria ini juga menjadi pusat perbatasan teritorial antara Kenya dan Uganda.

Namun sejak 1926, kepemilikan teritorial di pulau itu secara konsisten telah ditunjukkan di peta dan dalam bahasa pada dokumen resmi sebagai Kenya. Meski kecil, diperkirakan terdapat seribu orang yang menempati pulau tersebut.

 

4 dari 4 halaman

4. Pulau Bungin, Indonesia

Alih-alih Pulau Jawa, Pulau Bungin justru yang mendapat julukan terpadat di dunia. Ini dikarenakan di pulau yang terletak di Kabupaten Alas, Sumbawa, NTB, ini perbandingan penduduk dengan luasnya sangat jomplang.

Dengan luas hanya sekitar 8,5 hektar, pulau ini didiami oleh 3.500 orang dengan jumlah ideal seharusnya 800-1600 penduduk.

Reporter: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Artikel Selanjutnya
Tak Cuma Prabowo, Jokowi dan SBY Juga Pernah Menegur Saat Pidato
Artikel Selanjutnya
Serangan-Serangan Sekjen PSI ke Prabowo-Sandiaga