Sukses

Unik, China Akan Luncurkan Bulan Buatan Tahun 2020 Mendatang

Liputan6.com, Jakarta Selain Jepang, China merupakan salah satu negara yang didukung dengan berbagai teknologi canggih. Hal ini membuat mereka dengan mudah melakukan berbagai inovasi. Namun saking canggihnya, tak jarang inovasi tersebut justru membuat kita tak habis pikir dibuatnya.

Seperti terobosan China yang baru-baru ini membuat heboh publik. Bagaimana tidak, China khususnya kota Chengdu dilaporkan akan meluncurkan 'bulan' buatan pada tahun 2020 mendatang.

"Bulan" ini nantinya akan memiliki cahaya delapan kali lebih terang dari Bulan yang asli. Nyatanya tujuan utama diluncurkannya bulan dalam bentuk satelit penerangan ini adalah untuk menggantikan lampu kota yang menerangi kota Chengdu, China dan sekitarnya.

Nantinya satelit bulan buatan ini akan memancarkan sinar di area dengan diameter 10 sampai 80 kilometer. Satelit bulan ini akan memiliki lapisan yang dapat memantulkan cahaya dari matahari dengan sayap seperti panel surya. Sayap-sayap ini nantinya bisa dikendalikan untuk menyinari daerah-daerah tertentu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Mengurangi pemakaian listrik

Sebelum diluncurkan 2 tahun mendatang, pengujian satelit penerangan ini memang sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lalu. Hingga kini sedang dalam tahap pematangan teknologi. Jika nantinya terobosan ini berhasil diluncurkan, bulan buatan ini diharapkan bisa mengurangi pemakaian listrik untuk penerangan kota. Terlepas dari itu, bulan buatan ini juga diharapkan bisa menarik banyak turis asing untuk berkunjung ke kota Chengdu.

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net