Sukses

Ekspedisi Setapak Beri 3200 Sepatu untuk Anak di Pelosok Banten

Liputan6.com, Banten - Untuk kedua kalinya Pertamina Marketing Operation Region III menggelar program Pertamina Setapak (Sehari Tanpa Alas Kaki). Tahun ini, sebanyak 3.200 pasang sepatu diberikan ke 10 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di berbagai wilayah Banten, salah satunya di SD Gombong 4, Desa Tanjung Jaya, Banten.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, donasi sepatu yang diberikan tidak hanya berasal dari Pertamina sebagai perusahaan, tetapi juga para volunteer Pertamina yang dengan sukarela ikut menyumbangkan sepatu. Rinciannya, sebanyak 2.489 pasang dari Pertamina dan 711 pasang dari pekerja dan mitra kerja Pertamina.

“Pada program Pertamina Setapak tahun ini, selain berfokus pada pemberian bantuan sepatu, dari jauh - jauh hari kami pun mengajak para pekerja Pertamina dan Stakeholder untuk meningkatkan rasa empati mereka dan berkontribusi dengan semangat employee volunteerism untuk dapat memberikan donasi sepatu bagi anak – anak sekolah dasar yang memiliki keterbatasan secara ekonomi dimana di beberapa daerah, anak – anak ini tidak menggunakan sepatu ke sekolahnya,” kata VP CSR & SMEPP Pertamina, Agus Mashud, Rabu (15/82018).

Melalui program Setapak, Pertamina berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam kemajuan pendidikan terutama di daerah – daerah terpencil di Indonesia, salah satunya menghadirkan beberapa pekerja yang sukarela meluangkan waktu mereka untuk mengajar dan berbagi semangat kepada anak – anak.

“Beberapa pekerja kami turun langsung untuk berbagi semangat dan cerita. Kami sangat mengapresiasi semangat anak – anak untuk bersekolah, walaupun mereka harus berjalan ke sekolah tanpa alas kaki. Terkadang kaki mereka luka dan berdarah, tapi tidak menyurutkan langkahnya untuk terus sekolah dan menuntut ilmu, sehingga banyak diantara mereka yang berprestasi,” tambah Agus.

Mengingat program ini sangat bermanfaat bagi anak-anak sekolah, ke depannya Pertamina akan memperluas cakupan program ini ke beberapa lokasi lainnya di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Taman Baca di Sekolah

Sementara Unit Manager Communication & CSR MOR III Dian Hapsari Firasati menjelaskan, pada saat yang bersamaan Pertamina juga memberikan bantuan taman baca bagi beberapa sekolah dasar di Banten serta bantuan renovasi toilet sekolah demi kenyamanan dan kebersihan di lingkungan sekolahnya.

“Hari ini, kami mencoba memberikan mereka semangat lebih dengan memberikan bantuan taman baca di sekolahnya agar budaya membaca dan semangat mereka untuk mencari dan mendalami berbagai ilmu pengetahuan sejak dini kita stimulus dengan ruangan yang nyaman. Kami harap semua yang kami berikan bermanfaat dan dapat dimanfaatkan semaksimal oleh anak – anak sekolah, sebagai generasi penerus bangsa ini,” kata Dian.

Rombongan Pertamina Ekspedisi Setapak dilepas dari SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat pada Selasa pagi (14/8/2018). Turut serta dalam rombongan ini, 20 motor yang tergabung dalam Pertamina Motor Club (PMC) yang akan touring menuju Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.